» » Jangan Sepelekan, Berikut 8 Tanda Menopause yang Perlu Kamu Ketahui

Tips GSP -   Jika kamu saat ini berumur di bawah 30 tahun mungkin menganggap menopause adalah hal yang jauh dari jangkauanmu. Tapi tahukah kamu jika menopause dapat dialami seseorang sebelum usia 30? Well, hal ini bisa disebabkan oleh pola hidup dan makanan yang kamu konsumsi. berikut ini adalah 8 tanda menapause dini yang perlu kamu perhatikan. Jika kamu mengalami hal di bawah ini, tidak ada salahnya berkonsultasi bersama dokter.
Menstruasi Tidak Teratur :  Banyak wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya segera konsultasikan bersama dengan dokter. Bisa jadi ini adalah tanda perimenopause dan menopause.
Tumbuh Banyak Rambut Halus di Wajah :  Tumbuhnya rambut halus di wajah merupakan aalah satu tanda menopause. Jumlah pertumbuhan rambut di wajah ini disebabkan tingginya dihydrotestosterone (DHT), yang menyebabkan tidak terkendalinya pertumbuhan rambut di wajah.
Mood Swing :  Ketika sampai pada masa menopause, tidak ada yang lebih sering dibahas daripada topik perubahan suasana hati. Mirip dengan pubertas, inilah saat dimana tubuh mengalami perubahan hormonal yang drastis, yang mengacaukan emosi. Kamu menjadi lebih tidak sabar dan merasa cemas berlebihan.
Susah Tidur :  Pengaruh perubahan hormon, membuat seseorang yang mengalami menopause akan sulit untuk tidur. Kamu akan sulit mendapatkan kualitas tidur yang baik. Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera konsultasikan hal ini bersama dokter yang dipercaya.
Obesitas :  Saat menopause, beberapa wanita akan mengalami obesitas. Hal ini disebabkan berkurangnya kemampuan tubuh membakar energi akibat menurunnya efektivitas fisik. Untuk itulah beberapa dokter menyarankan untuk menjaga pola makan saat memasuki usia menopause.
Rambut Rontok :  Beberapa wanita mungkin akan mengalami tanda yang berbeda. Ada yang mengalami rambut rontok atau adanya bintik merah yang mengganggu. Hal ini dipengaruhi besar oleh pola hidup yang tidak sehat.
Payudara yang Mengendur :  Setiap wanita akan mengalaminya. Pada wanita yang sudah menjadi ibu maka proses ini lebih cepat. Namun kamu tidak perlu khawatir dengan menjaga pola makan dan olahraga yang tepat, hal ini dapat memperlambat prosesnya.
Menjadi Mudah Lupa :  Hal yang paling sering ditakutkan dari menopause adalah seseorang akan menjadi lebih mudah lupa. Jika kamu menjadi sering lupa dan sulit untuk fokus, segera sampaikan hal ini kepada dokter.
Well, menjadi wanita ternyata tidak mudah ya ladies? So, sudahkah kamu memasuki perimenopause atau menopause? Jika demikian, seperti apa pengalamanmu? Share yuk di kolom komentar.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama