» » Pantura Terancam Kekeringan, Warga Butuh Pasokan Air Bersih

Bewara GSP -Wilayah Pantura Kabupaten Subang terancam kekeringan. Menyusul sebulan terakhir tak kunjung turun hujan. Sementara itu pasokan air bersih di sejumlah daerah terus menipis.
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga Pantura saat ini hanya mengandalkan air yang bersumber dari irigasi atau sungai.
Warga Sukasari, Rohidah, 37, mengatakan saat ini sejumlah desa di wilayah Pantura Subang sudah mengalami kekeringan. Bahkan dalam sebulan terakhir, dirinya mengalami kesulitan memperoleh air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sumur yang selama ini menjadi andalan warga dalam mendapatkan air bersih, banyak yang mengalami kekeringan. Ia berharap Pemkab Subang segera mencarikan solusi kekeringan yang dialami warga pantura.
Menurut Rohidah, Pemkab Subang sempat menjanjikan segera mengalokasikan air bersih untuk warga. Namun hingga saat ini janji tersebut tak kunjung terealisasi.
Di kesempatan terpisah Camat Sukasari, Heri Hermasnyah mengatakan, kekeringan sudah melanda sebagian besar wilayahnya. Tak hanya soal air bersih untuk konsumsi, kemarau juga akan berdampak pada para petani yang kesulitan mengairi sawahnya. Apalagi sebagian besar warga Sukasari merupakan petani.
Sementara itu Kepala BP4D Kabupaten Subang, Sumasna mengatakan, pihaknya telah mengelar rapat dengan para petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Gabungan Petani Pemakai Air (GP3A). Rapat tersebut juga dihadiri perwakilan dari PJT 2 selaku pengelola irigasi.
Dalam rapat, kata Sumasna, disepakati tanaman padi yang kekurangan air akan mendapat bantuan. Namun hal tersebut juga ditentukan dengan ketersediaan air.  Masih menurut Sumasna, pengaturan pasokan air irigasi di wilayah Pantura menjadi kewenangan pihak PJT 2.
Sebelumnya Kepala PDAM Tirta Rangga Subang, Suryana mengatakan, pasokan air bersih untuk wilayah Pantura cukup tinggi. Tak heran jika program tersebut membutuhkan biaya yang tinggi pula. perusahaannya sangat siap menambah pasokan air bersih bagi warga Pantura. Namun upaya tersebut perlu mendapat bantuan anggaran dari pemerintah.
“Saat ini kami masih menunggu dari pusat untuk penganggaran air bersih,” pungkasnya. 
 


About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama