» » Petani Pagaden Subang Istirahatkan Sawahnya Selama 1 Musim Tanam Karena Serangan Hama Wereng

Bewara GSP - Akibat serangan hama wereng yang tidak kunjung bisa dibasmi, yang menyerang tanaman padi milik para Petani, sehingga para Petani di Pagaden Subang, banyak yang mengistirahatkan sawahnya selama 1 musim, karena 3 kali terus mengalami gagal panen.
Dian (40) warga Pagaden membenarkan, bahwa dirinya sudah selama 1 musim ini, sudah mengistirahatkan lahan sawah untuk tidak ditanami, karena serangan hama wereng, sudah menggagalkan tanaman padi miliknya.
 
"Sudah 1 musim ini Saya berhenti menanam padi, karena selama 3 kali tanam serangan hama itu, tidak bisa dikendalikan, dan selama 3 kali tanam terus mengalami gagal panen," ujar Dian kepada Radio Republik Indonesia di Subang, Rabu (2/8/2017).
 
Sementara itu Ia mengungkapkan, pada musim serangan hama wereng itu, pertama menyerang tanaman pada pada usia 2 bulan tanam, kemudian pada musim kedua serangan hama wereng itu, menyerang tanaman padi pada usia tanam 1 bulan, yang lebih parahnya lagi, hama wereng itu menyerang pada tanaman padi usia satu minggu setelah tanam, sehingga harus mengalami kerugian materi mencapai Rp 30 juta rupiah dengan luas tanam 2 hektare lebih.
 
Dian berharap dengan diistirahatkannya lahan sawah miliknya itu, untuk tidak ditanami selama satu musim, bisa memutus mata rantai serangan hama wereng tersebut.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Jaja Rohadamadja menyatakan, pihaknya bersama dengan Kodim 0605 Subang, terus berupaya melakukan pemberantasan hama wereng tersebut, secara serentak, bahkan pihaknya juga sudah menyalurkan bantuan insektisida kepada para kelompok tani, untuk memberantas hama wereng tersebut. 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama