» » Antisipasi Penyimpangan DD, Pemkab Subang akan Perbanyak Bimtek Para Kades

Bewara GSP -Guna mengantisifasi penyimpangan dan penyelahgunaan Dana Desa (DD) oleh Pemerintahan Desa, maka Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Subang, dalam waktu dekat ini, segera menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek), yang akan diikuti oleh para Kepala Desa (Kades), Sekretaris Desa (Sekdes) dan Bendahara Desa, serta Anggota Badan Perwakilan Desa (BPD).
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Subang, Memet Nurhikmat mengatakan, tujuan digelarnya Bimtek nanti, agar penerapan DD, bisa lebih transfaran, terlebih DD tersebut, ttepat waktu baik pencairan maupun penerapannya, tepat guna, sesuai dengan perencanaan Pembangunan Desa, yang sudah direncanakan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), tepat ssaran, sesuai dengan skala rioritas yang diusulkan dan keinginan masyarakat desa.
Dalam Bimtek nanti, pihaknya menggandeng Inspektirat Daerah (Irda) yang berkaitan dengan evaluasi penerapan DD, kemudian menghadirkan narasumber dari Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPKD) yang memberikan materi tentang proses pencairan, dan peng-LPJ an DD, DInas Perencanaan Pembangunan Daerah, mensinergikan hasil Musrembangdes dengan pelaksanaan DD, serta pihak Kepolisian dan Kejaksaan, yang memberikan materi tentang koridor hukum, yang diperbolehkab dan yang dilarang oleh Kitab Undang-undang Pidana Hukum (KUHP).
Lebih lanjut Memet berharap, setelah mengikuti Bimtek nanti, tidak ada lagi Kades maupun Perangkat Desa yang lainnya, yang terjerat atau tersandung dengan kasus Korupsi DD, bahkan Bimtek tersebut, digelar tidak hanya satu kali saja, tetapi akan dilakukan secara berkelanjutan.
Bimtek itu tidak hanya dilakukan secara resmi, tetapi juga bisa dilakukan secara tidak resmi misalnya, memanfaatkan rapat minggon yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan, termasuk memberdayakan para Camat, untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Pemeritahan Desa, terkait dengan penerapan DD tersebut. (r2i)  

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama