» » Normalisasi Situ Citapen Subang Terkesan Asal-Asalan

Bewara GSP - Proyek normalisasi Situ Citapen, yang berlokasi di Desa Prapatan, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Subang, yang dilaksanakan oleh pihak ketiga dalam pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) dengan anggaran sebesar Rp8 milyar, terkesan asal-asal, dan patut dipertanyakan.
Gerakan Pemuda Purwadadi (GPP) Galih Andika menyayangkan proyek normalisasi yang menghabiskan dana sebesar Rp8 milyar, yang bersumber dari APBN itu, hanya menghambur-hamburkan anggaran negara, namun hasilnya kurang memuaskan.
"Dengan anggaran sebesar Rp8 milyar, proyek normalisasi situ Citapen tersebut, terkesan asal-asalan, sehingga transparansi anggarannya patut dipertanyakan," ujar Galih Rabu (6/9/2017).
Ia menegaskan, anggaran sebesar itu bukan anggaran yang kecil, namun tidak berbanding lurus dengan hasil akhir, seperti proses normalisasi dan pembuatan tanggul, bahkan hasil normalisasi situi masih terlihat dangkal.
Sementara, mantan Ketua DPRD Subang, H Bambang Herdadi juga ikut menyoroti proyek normalisasi Situ Citapen tersebut, yang menurutnya BBWSC dalam pelaksanaan normalisasi tersebut kurang melakukan pengawasan. 
Sebagai bentuk protes kepada BBWSC, lanjut Bambang, pihaknya sudah menggalang pernyataan masyarakat sekitar Situ Citapen dengan membubuhkan tanda tangan warga, dan hasilnya diserahkan kepada pihak BBWSC. Namun, hingga saat ini belum ada tanggapan apapun dari pihak BBWSC.
"Ini kan sudah jelas ada penyimpangan, maka Kami protes ke BBWSC, tetapi tidak ada tanggapan," jelasnya.
Lebih lanjut Bambang menambahkan, jika proses normalisasi Situ Citapen sesuai dengan anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, maka dampaknya akan sangat bermanfaat bagi warga sekitar Situ Citapen yang luasnya kurang lebih 6 hektare itu. Selain berfungsi untuk menampung debit air, bisa menahan banjir jika di musim penghujan, dan bisa mengairi areal pertanian saat di musim kemarau seperti sekarang ini, juga bisa dimanfaatkan untuk obyek wisata air, yang tentunya bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.  (r2i)
 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama