» » Stop! Hentikan 6 Kebiasaan Salah saat Memasak Ayam Ini, Nomor 2 Masih Banyak yang Melakukannya

Tips GSP -    Ayam adalah salah satu jenis daging yang paling digemari untuk diolah menjadi berbagai santapan nikmat nan lezat. Di Indonesia sendiri, ayam bisa dimasak dengan berbagai jenis bumbu dan menjadi berbagai jenis hidangan yang semuanya sedap. Meskipun demikian, memasak ayam tak sesepele yang kita bayangkan.

Mengolah ayam menjadi sajian yang nikmat bukan hanya berarti membeli ayam, mencucinya, memberi bumbu, mengolahnya, lalu menghidangkannya. Di sela-sela proses tersebut, ternyata ada banyak kesalahan yang sering kita lakukan, loh!
Simak penjelasannya berikut: 

1.Menguliti Ayam :Walau kita hidup sehat dan tidak makan kulit ayam, namun bagian ini seharusnya tak kita buang.Daging ayam terutama dadanya yang kering butuh kulit dan juga tulang untuk tetap lembap dan juicy, begitupula dengan bagian lainnya.Kulit akan mengeluarkan sedikit minyak yang membuat hidangan jadi lebih gurih dan lezat. 

2.Mencairkan Ayam Beku Sembarangan "Apa cara yang paling sering kita lakukan untuk mencairkan ayam yang beku?Pasti mendiamkannya di dalam suhu ruang selama beberapa jam hingga cair.Padahal, cara ini salah besar! Bagian luar ayam yang pertama kali mencair dan dibiarkan begitu saja karena menunggu bagian dalam mencair, bisa menjadi tempat bakteri salmonella berkembang biak. Akibatnya, rasa ayam jadi berubah atau bahkan mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keracunan.Cara yang paling tepat adalah dengan memasukkan potongan ayam beku dalam plastik bersih yang diikat dengan rapat.Rendam plastik berisi ayam ini ke dalam air bersih.Cara ini akan membuat daging ayam lebih cepat cair dan tidak terkena bakteri dari udara luar. 

3. Terlalu Banyak Ayam dalam Sekali Goreng :Ayam perlu ruang dalam wajan untuk bisa mengeluarkan uap.Itu sebabnya kita tak boleh menggoreng terlalu banyak ayam sekaligus.Uap yang tidak bisa dilepaskan akan membuat ayam jadi terus basah dan menyerap minyak.Jika ingin menggoreng lebih cepat, gunakan wajan yang lebih besar dan minyak yang lebih banyak. 

4. Memasak Ayam Berbagai Ukuran Sekaligus :Keseragaman ukuran adalah salah satu kunci memasak ayam.Jika kita ingin menggoreng beberapa dada ayam bersamaan, pastikan mereka punya ukuran dan ketebalan yang sama.Dengan begitu, semuanya akan matang di waktu yang paling tepat, tidak ada yang terlalu matang atau masih mentah. 

5. Menyamaratakan Semua Bagian Ayam  :Ketika menggoreng atau memanggang ayam, perlu juga diingat jika dada akan matang lebih dahulu ketimbang pahanya.Jadi, angkat dada ayam terlebih dahulu sebelum paha.        

6.Sama seperti daging sapi, daging ayam butuh diistirahatkan dahulu minimal 10 menit setelah dimasak. Mendiamkannya sejenak akan membuat cairan dari ayam kembali meresap ke dalam dagingnya. Dengan demikian, ayam akan lebih juicy, lembap, dan lezat saat dimakan ketimbang langsung disajikan setelah matang. 
Nah, jangan lagi lakukan 6 kesalahan di atas ya, agar sajian kita tetap nikmat dan juga bergizi.







About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama