» » Jadi Korban Gosip di Kantor? Abaikan dan Lakukan 7 Cara Ini Agar Hati Tenang

Tips GSP -Lingkungan kerja yang menyenangkan tentu akan membuat kinerja kita pun menjadi maksimal. Namun terkadang, ada beberapa hal yang membuat kita tak nyaman.
Salah satunya adalah munculnya isu-isu atau cerita tentang kita yang tak seluruhnya benar.
Dilansir dari Psychology Today, Rob Willer, peneliti dari Standford University menjelaskan bahwa kita cenderung menerima isu negatif tentang seseorang, dibanding mencari tahu kebenarannya. Secara tak langsung, kita akan menerima isu negatif tentang seseorang karena kita merasa hal tersebut dapat melindungi posisi kita.

Padahal, isu-isu negatif tentu dapat merusak reputasi seseorang, kepribadian, bahkan berbagai kesempatan profesional. Kondisi ini tentu akan membuat kita sangat tertekan, dan akan mempengaruhi kehidupan pribadi kita. Nah, lebih baik abaikan dan lakukan tips berikut ini saja.
  1. Atur Emosi Negatif : Menghadapi berbagai gosip yang menyakitkan hati tentu akan membuat perasaan kita terluka. Namun, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan dan tak menjadikan gosip tersebut sebagai tekanan. Menurut Marc Brackett, Direktur Yale Center for Emotional Intelligence, lebih baik tenang dan hindari terpancing dari isu-isu buruk tentang kita ini. Jauhi sementara lingkungan yang penuh dengan gosip tentang kita, temukan berbagai strategi untuk menenangkan diri, atur nafas, segarkan pikiran, berolahraga, atau berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan.
  1. Perluas Perspektif : Johann Berlin, CEO dari TLEX Institute menjelaskan, meskipun rasanya tak adil bagi kita dan kita menjadi sangat lemah, sangat ingin memperjuangkan harga diri, sangat marah, dan juga sangat tertekan, kita harus mengingat lagi apa sebenarnya tujuan hidup kita.  Ingat, fokus pada target hidup kita lebih penting daripada harus menanggapi atau harus berkutat pada isu negatif itu saja. 
  1. Belajar Memaafkan : Kondisi ini memang tak mengenakkan dan sangat mempengaruhi kehidupan kita, namun kita akan jauh lebih tenang ketika kita sudah bisa memaafkan dan membiarkannya saja.Sebuah penelitian menemukan bahwa semakin cepat kita memaafkan masalah itu dengan tulus, semakin besar pula keuntungannya bagi kita. Memaafkan akan membuat kita mudah melanjutkan hidup serta menjaga kesehatan psikis dan juga fisik.Batasi kontak dengan lingkungan dan orang-orang yang memberi pengaruh negatif bagi kita.
  1. Jangan Terpengaruh :  Michael Kraus dari Yale School of Management menjelaskan bahwa kita tak perlu menganggap isu-isu negatif tersebut merupakan gambaran diri kita sebenarnya yang dilihat oleh orang lain. Ingat, gosip buruk tentang kita berasal dari orang-orang yang merasa cemas dengan keberadaan kita, sehingga membuat imaji buruk tentang kita supaya kedudukan mereka aman.
  1. Pertimbangkan Respon : Willer menjelaskan, bila kita tahu siapa penyebar rumor buruk tentang kita, kita harus tetap bisa berpikiran dingin dan jangan terbawa emosi. Selain itu, kita juga harus tetap menjaga reputasi kita dengan baik. Lebih baik, beri pendekatan pada orang tersebut, jangan mudah terpancing emosi, sehingga orang lain pun bersimpati pada kita. Apabila cara tersebut tak berhasil, segera tinggalkan dan batasi diri untuk melakukan kontak dengan orang tersebut.
  1. Beri Waktu : Menurut Kraus sebagai korban rumor yang tak benar, kita harus sadar bahwa proses hidup kita akan lebih panjang.Ada reputasi dan harga diri yang harus kita jaga baik-baik, dan juga hubungan kita dengan rekan-rekan kerja lainnya yang mungkin akan terganggu. Sadari bahwa memang harus ada waktu yang dibutuhkan untuk membuat semuanya kembali baik-baik saja dan rumor tersebut akan menghilang dengan sendirinya, asal kita memang tak seperti apa yang dikatakan dalam rumor itu.
  1. Fokus pada Target Hidup Kita : Meskipun orang akan lebih mudah mengingat hal-hal negatif, bahka yang tak benar, tentang orang lain namun kita harus ingat untuk terus melanjutkan hidup kita.  Nikmati hidup dan aktivitas harian kita, buat waktu bersama dengan keluarga atau orang lain yang bisa membuat kita bahagia, dan beri waktu untuk melakukan hobi kita. Bila kita menjadi korban dan muncul isu-isu tak sedap yang tak benar tentang kita, abaikan saja.
Lebih baik, tenangkan diri saja dan tetap fokus pada pekerjaan kita.(*)







About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama