» » Kemendagri akan Adopsi Model Pelayanan Akta Kelahiran yang Diterapkan Disdukcapil Subang

Bewara GSP - Modal pelayanan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Subang dinilai sukses mendongkrak partisipasi masyarakat terhadap pentingnya dokumen kependudukan berupa akta kelahiran. Atas keberhasila itulah, model pelayanan yang dilakukan Disdukcapol Kabupaten Subang tersebut rencananya akan diadopsi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk diterapkan di seluruh Indonesia.
Menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Subang, H Dadang Kurnianudin, model yang pelayanan yang dilaksanakan Disdukcapil Subang selama ini dinilai oleh Kemendagri cukup efektif, dan ini belum dilakukan oleh kabupaten/kota lain di Indonesia.
Cara pendekatan pelayanan yang dilakukannya itu, kata Dadang, selain kepada para bidan, klinik bersalin dan para kepala desa, sehingga mendongkrak kepemilikan akta kelahiran di kalangan masyarakat. Meski belum seluruh masyarakat Subang memiliki akta kelahiran, namun setidaknya 50 persen masyarakat Subang saat ini sudah memiliki akta kelahiran, terutama kalangan anak-anak.
"Model pendekatan inilah yang menjadikan Kemendagri tertarik untuk mengadopsi model tersebut diterapkan di seluruh Indonesia," terangnya.
Dadang menuturkan, model yang dilakukannya itu sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh Disdukcpil Kabupaten Subang, tetapi juga oleh kabupaten/kota lain. Namun, selain model pendekatan pelayanan yang dilakukan Disdukcapil Subang, karena faktor geografis yang dimiliki Subang seperti pegunungan, dataran dan pantai yang kulturnya berbeda-beda, yang menjadi kelebihan Subang, sehingga harus memiliki strategi yang jitu untuk mendongkrak kepemilikan akta kelahiran dikalngan masyarakat. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama