» » TKW yang Disekap di Malaysia Segera Di Pulangkan

Bewara GSP - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang segera memulangkan Ristonah binti Kadra, seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kecamatan Pusakajaya yang disekap di Malaysia.
Bidang Binapenta Disnakertrans Subang, H Indra Suparman mengatakan, Ristonah berangkat ke Malaysia pada bulan Februari tahun 2015 lalu. Kasus Ristonah terungkap saat video penyekapannya menjadi virat di media sosial (medsos). Menurut Indra, penyekapan langsung dilakukan oleh majikan Ristonah.  Mengatasi kasus tersebut, kata Indra, pihaknya sudah mendapati pihak keluarga di Dusun Derik RT 10 RW 04 Blok Lapang Bola, Desa Rangdu.
Dijelaskan Indra, Ristonah berangkat menjadi TKW ke Malaysia tanpa mengikuti prosedur resmi alias ilegal. Bahkan pihaknya tidak mengetahui PJTKI yang menyalurkan Ristonah. Berdasarkan video yang beredar di medsos, kata Indra, Ristonah seperti terlihat stres. Setelah melakukan koordinasi dengan KBRI dan Kemenlu, akhirnya Ristonah ditemukan. Wanita berusia 52 tahun itu diketahui berada di Penang, Malaysia. Di negeri Jiran tersebut,
Ristonah sudah berada sekitar 6 tahun. Karena keberangkatannya secara ilegal, Ristonah akan sangat mudah berpindah dari satu majikan yang satu ke majikan yang lain.
“Sebetulnya bulan kemarin bisa saja dipulangkan. Namun Ristonah tidak akan mendapatkan gaji. Tapi setelah diproses oleh KJRI Penang, gaji Ristonah sebesar 20.000 ringgit bisa keluar. Pada tanggal 30 Oktober nanti Ristonah bisa dipulangkan ke Subang,” jelas Indra.
Sementara itu Wakil Ketua DPRD Subang, Hendra Purnawan menekankan agar Disnakertrans Subang bisa lebih optimal lagi dalam penanganan kasus tenaga kerja asal Kabupaten Subang yang berada di luar negeri.  “Karena mereka (TKI) ini merupakan pahlawan devisa,” pungkasnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama