» » Ajukan Pasokan Elpiji Tambahan

Bewara GSP - Pemkab Subang sedikitnya telah mengajukan pasokan tambahan gas elpiji 3 kilogram sekitar 5 persen dari pasokan yang ada saat ini. Keputusan itu diambil untuk mengantisipasi kelangkaan gas saat menghadapi Natal dan tahun baru.
Kabag Ekonomi Pemkab Subang, Tarwan mengatakan, dalam sepekan terakhir, dirinya telah menerima laporan kelangkaan gas elpiji 3 kg di pasaran. Namun dirinya membantah hal tersebut diakibatkan karena kelangkaan gas. Demikian yang dijelaskannya di Subang (10/12).
Sementara itu menjelang Natal dan tahun baru, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama agen dan para pemilik pangkalan serta perwakilan Hiswana Migas. Rapat tersebut salah satunya membahas kuota gas elpiji 3 kg di Kabupaten Subang.
Setiap periodeisasi, kata Tarwan, pihaknya tetap memantau dengan melakukan penambahan kuota.
Menurut Tarwan, sebenarnya kebutuhan gas elpiji 3 kg di Kabupaten Subang sudah terhitung berdasarkan jumlah masyarakat miskin. Namun kenyataan di lapangan banyak masyarakat miskin yang tidak bisa menikmati gas elpiji 3 kg tersebut.
Berdasarkan perhitungan, lanjut Tarwan, setiap warga miksin umum bisa menggunakan gas elpiji 3 kilogram sebanyak 3 tabung selama satu bulan. Sementara pelaku usaha kecil yang dianggap mampu dijatah sebanyak 9 tabung selama satu bulan.
Namun kenyataan di lapangan, pelaku usaha kecil yang tergolong mampu tersebut bisa memakai sebanyak belasan tabung setiap bulannya. Akibatnya, masyarakat miskin tidak mendapatkan kuota gas elpiji 3 kilogram tersebut.
Selama ini, Tawran mengaku sudah mengimbau para pelaku usaha kecil agar beralih ke gas berukuran 5 kilogram dan tidak menggunakan gas elpiji 3 kilogram.
Masih menurut Tarwan, selama tahun 2017 ini kuota elpiji 3 kg untuk Kabupaten Subang sebanyak 14.174.000 tabung. Jika dihitung per bulan menjadi 1.181.166 tabung. Namun memasuki bulan Desember 2017, pihaknya telah mengajukan tambahan pasokan tambahan ke pihak Pertamina sekitar 5 persen. 
Sementara itu Kabid Perdagangan DKUPP Subang, H Nurudin mengatakan, menjelas Natal dan tahun baru pihaknya rutin lakukan pengecekan dan memantau harga-harga kebutuhan masyarakat. (pe) 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama