» » Di Subang, Harga Ikan Asin Melebihi Harga Daging Sapi

Bewara GSP -Ikan asin merupakan lauk yang merakyat, dan paling banyak disenangi banyak kalangan karena harganya sangat terjangkau. Namun, harga ikan asin saat ini sudah tidak lagi merakyat karena sudah melebihi harga daging ayam dan sapi.Seperti terlihat di Pasar Rakyat Sukamelang Subang, harga ikan asin jenis Jambal Roti sudah menembus harga Rp180 ribu per kilogram, sedangkan harga daging sapi hanya Rp120 ribu per kilonya, dan harga daging sapi sekarang setara dengan harga ikan teri yaitu Rp120 ribu perkilogramnya.
Adit (30), salah seorang pedagang ikan asin di Pasar Rakyat Sukamelang, Subang, membenarkan bahwa harga ikan asin tersebut, mengalami kenaikan hingga 50 hingga 60 persen, yang tadinya hanya seharga Rp120 ribu per kilonya, sekarang menembus harga Rp180 ribu. Begitu pun dengan harga ikan teri yang semula Rp80 ribu per kilo, naik menjadi Rp120 ribu per kilogramnya.
Ia menuturkan, meski harga ikan asin jenis jambat Roti dan ikan teri tersebut, tidak menyurutkan kegemaran para pembeli atau konsumen untuk tidak membeli ikan asin tersebut. Meski mahal harganya, namun minat para konsumen terhadap ikan asin masih tetap tinggi.Di sisi lain, tingginya harga ikan asin saat ini menjadi sebuah berkah bagi para pengrajin ikan asin di wilayah Pantura Subang, meskipun hampir seluruh nelayan sudah dua bulan ini tidak bisa melaut karena cuaca buruk.
Terkait hal itu, Ketua Persatuan Nelayan Tradisional Indonesia Kabupaten Subang, H. Karya Zakarya mengatakan, naiknya harga ikan asin saat ini tidak memberikan dampak positif bagi para nelayan, karena para nelayan tidak bisa melaut, sementara yang diuntungkan hanya pengrajin dan pengusaha ikan asin. Kendati demikian, kata Karya, pihaknya merasa senang dan bersyukur karena setidaknya meski hanya para pengrajin dan pengusaha ikan asin yang mendapatkan keuntungannya.
 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama