» » Kaleidoskop Musik 2017: 8 Penyanyi Keluar, 2 Grup Bubar

Musik&Film - Kompas.com mencatat setidaknya delapan penyanyi dalam dan luar negeri memutuskan keluar dari band atau grup vokal mereka, selain dua grup vokal bubar pada 2017.

1. Mohammad Istiqamah Djamad alias Is " Payung Teduh" : Yang paling santer diberitakan adalah vokalis Is pamit dari band Payung Teduh. Is mengungkapkan hal itu sesudah BBM Liztomania Konser Musik Tanah Air Vol. 3 Payung Teduh "Catra Adhum" di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (14/11/2017).
"New episode kali ya, petualangan dengan Payung akan berakhir di 2018, saya yang mundur sih," ujar pencipta dan pelantun hit Payung Teduh "Akad" ini.

Isyarat kepergian Mohammad Istiqamah Djamad sudah lama tercium lewat akun media sosialnya. Bahkan, aku Is, ia sudah membicarakan rencana mengundurkan diri itu sejak Juni 2017. Perbedaan visi bermusik menjadi penyebab Is memilih berpisah dari Payung Teduh.
Belum diketahui, Is tetap bermusik atau berkarier di bidang lain. Namun, Is menekankan bahwa dia saja yang akan meninggalkan band tersebut. "I will not let the ship collapse. Tetapi, mereka tetap berjalan. Maksud gue, mereka tetap jalan, tanpa gue," katanya.

2. Donnie Sibarani (ADA Band) : Donnie, yang memulai karier profesionalnya bersama ADA Band pada 2003, pada 2017 mengakhiri perjalanan bermusiknya bersama grup musik itu dengan memilih keluar. Donnie merupakan pengganti dari vokalis sebelumnya dalam ADA Band, Ibrahim Imran atau Baim. Informasi mengenai keputusan Donnie mundur disampaikan oleh pemain bas Suriandika Satjadibrata atau Dika. Donnie sudah tak lagi menjadi vokalis ADA Band sejak November 2017. "Ini adalah konser besar pertama kami tanpa Donnie," kata Suriandika dalam konfrensi pers Konser Kebangsaan di Surabaya, Jumat (17/11/2017) sore. Menurut Dika, Donnie mengundurkan diri karena sibuk  dengan kegiatan keagamaan.
"Donnie lebih religius sekarang. Jadwal bermusik kami sering berseberangan," ujar Dika.
Meski resmi sudah bukan personel ADA Band, Donnie masih akan tampil bersama grup tersebut dalam beberapa acara karena sudah sejak lama ada kontrak dengan penyelenggara acara-acara itu. Manajemen ADA Band segera mengadakan audisi untuk menemukan vokalis baru.

3. Rizki "The Titans" : Vokalis Rizki Abdurahman telah mengundurkan diri dari The Titans.
Kabar itu beredar melalui sebuah video yang viral di media sosial pada Minggu (15/10/2017).
Dalam video tersebut Rizki menyatakan keluar dari band asal Bandung itu. "Dan saya ingin umumkan bahwa mulai saat ini saya mengundurkan diri dari The Titans dan tidak lagi menyandang nama The Titans. Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk semua yang masih mendukung The Titans sampai saat ini," ucapnya. 

Menanggapi langkah Rizki Abdurahman, pihak manajemen mengungkapkan bahwa Rizki mundur secara baik-baik dan tidak ada isu pemecatan. Manajemen juga membantah kabar yang menyebut Rizki keluar  akibat konflik internal yang berkelanjutan. Rizki Abdurahman bergabung dengan The Titans pada 2007. Sebelum bergabung, ia vokalis band IZE, yang merupakan finalis kompetisi Dream Band seri pertama.

4. CJR : Setelah enam tahun mewarnai belantika musik Indonesia, boybandCJR, yang beranggota Aldy, Kiki, dan Iqbaal memutuskan bubar. Mereka mengumumkan hal itu lewat video berdurasi sembilan menit dalam kanal resmi CJR pada YouTube, CJR Official.
"Mulai sekarang CJR tidak akan berkarya bersama lagi. CJR enggak bubar, tapi CJR juga udah enggak ada," ucap Kiki pada akhir video tersebut, yang dikutip olrh Kompas.com pada Senin (3/12/2017).

"Mulai sekarang gue, Iqbaal, sama Aldy, kami akan berkarya, tapi tidak akan mengatasnamakan CJR, tidak akan membawa nama CJR," ujar Kiki. Dari video berjudul CJR Last Diary by Teuku Ryzki itu diketahui bahwa keputusan tersebut sudah mereka ambil setidaknya pada pertengahan 2017. Hal itu mengacu ke waktu pembuatan video perpisahan tersebut, yang tertulis pada awal video itu, yaitu 23 Juli 2017, ketika CJR berulang tahun yang keenam. Aldy dan Kiki berkarier solo. Sementara itu, Iqbaal melanjutkan pendidikan di luar negeri, yaitu di Armand Hammer United World College, New Mexico, AS, pada akhir 2017.

5. Nabilah dan Melody dari " JKT48" : Grup idola JKT48 harus kehilangan sosok tenar Nabilah Ratna Ayu Azalia. Nabilah merupakan bagian dari generasi pertama JKT48 dan berhasil menjadi member top selama ini. Nabilah resmi mengundurkan diri pada Selasa (31/10/2017) melalui laman resmi JKT48. Gangguan kesehatan menjadi penyebab utama dara berusia 18 tahun itu memilih mundur. "Karena kondisi kesehatan yang kurang baik, Nabilah Ratna Ayu Azalia (Team J) telah menjalani masa istirahat, akan tetapi karena tidak adanya pemulihan yang berarti, yang bersangkutan tidak dapat tampil kembali dengan kondisi prima di depan fans semua," demikian keterangan dari pihak manajemen JKT48. "Setelah berdiskusi dengan manajemen, Nabilah memutuskan untuk mengundurkan diri dari JKT48. Oleh karena hal tersebut, terhitung sejak 31 Oktober 2017 yang bersangkutan sudah tidak melanjutkan aktivitasnya di JKT48," sambung pihak yang sama. Jejak Nabilah diikuti oleh Melody Nurramdhani Laksani (25). Bedanya, Nabila mengundurkan diri, Melody lulus.

Umumnya member yang lulus dianggap telah mencapai umur yang cukup dan sudah mampu meneruskan karier tanpa embel-embel JKT48. Melody mengumumkan keputusannya untuk lulus dari JKT48 dalam konser Request Hour 2017 di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada Sabtu (4/11/2017). Menurut Melody, ia sudah cukup dengan enam tahun berkarya dalam grup idola tersebut.  "Sudah cukup sih di JKT48, sudah enam tahun. Terus, kayaknya aku mau sendiri aja. Aku mungkin mau bantuin JKT48 di balik layar aja," ucapnya. Selama enam tahun berjalan bersama JKT48, Melody berhasil menjadi member top dan general manager. Namun, Melody baru akan resmi lulus pada 2018. Ia masih akan tetap menghibur para penggemarnya hingga "show kelulusan"-nya tepat pada hari ulang tahunnya, yakni 24 Maret 2018. Melody merupakan salah satu generasi pertama JKT48. Ia bergabung sebagai member pada usia 16 tahun dan memutuskan lulus pada umur 25 tahun.

6. Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun dari "SNSD" : Girlband K-pop SNSD atau Girls' Generation kehilangan tiga personelnya, yaitu Tiffany, Sooyoung, dan Seohyun. Mereka mengakhiri kontrak dengan SM Ententertainment, agensi yang menaungi SNSD.
Berdasarkan informasi yang dihimpun, mereka memilih berkarier secara mandiri. Tiffany akan menimba ilmu di AS. Sementara itu, Sooyoung dan Seohyun dikabarkan akan berfokus pada karier di bidang akting. Meskipun tiga personel mengakhiri kontrak mereka, SNSD akan berlanjut. Hal itu diungkapkan oleh SM Entertainment, yang membantah kemungkinan SNSD bubar. Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, memberitakannya.

7. SISTAR : Girlband K-pop lainnya, SISTAR, menyatakan bubar pada Mei 2017. Hal itu dikonfirmasi oleh manajemen SISTAR, Starship Entertainment. "Setelah SISTAR merilis album terakhir pada Mei, mereka akan mengakhiri aktivitas grup. Saat ini kami sedang berdiskusi dengan para member terkait kontrak individu," kata pihak Starship Entertainment, yang diberitakan oleh Soompi.com. Dua personel SISTAR, Hyorin dan Soyou, berniat untuk melanjutkan karier solo mereka sebagai penyanyi. Sementara itu, Bora dan Dasom akan berfokus pada seni peran. SISTAR melakukan debut pada Juni 2010 dan 2017 merupakan tahun ketujuh mereka bersama sebagai girlband K-pop. Mereka akan merilis lagu baru yang akan diproduksi oleh Black Eyed Pilseung, pada 31 Mei 2018.








About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama