» » Panwaslu Desak KPU Subang Percepat MoU dengan IDI

Bewara GSP -Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Subang menyoroti tahapan pelaksanaan MoU antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Tim Medis dari Ikatan dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Subang, karena diduga ada pelanggaran tahapan MoU pembentukan Tim Pemeriksa Kesehatan para Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang.
Divisi Bidang Penindakan dan Sumber Daya Manusia Komisioner Panwaslu Kabupaten Subang, H. Budi Santoso mengatakan, pihaknya menganggap bahwa KPU Kabupaten Subang sudah melanggar Peraturan KPU (PKPU) tentang tahapan MoU tes Kesehatan bagi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang pada Pilkada Serentak 2018, yang sebelumnya sudah disepakati bersama antara KPU, IDI, Panwaslu dan Perwakilan Kemenkumham Jawa Barat pada rapat di KPU Subang, Rabu (20/12/2017).
Dalam PKPU, tahapan MoU tersebut tahapannya KPU memiliki Waktu hanya 3 hari, dan sekerang sudah hampir sepekan ini belum juga ada kepastian untuk di mulainya MoU tersebut.
Maka dari itu, Budi mendesak KPU Kabupaten Subang segera melaksanakan MoU tersebut, mengingat waktu tahapan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang hanya tinggal beberapa hari lagi, dan anggaran untuk MoU itu jumlahnya tidak sedikit yakni
sebesar Rp 40 juta.
Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Subang Maman Suparman saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tidak mengulur-ngulur waktu pelaksanaan MoU, tetapi pihaknya sampai saat ini masih menunggu pihak IDI Jawa Barat untuk mengganti posisi Ketua IDI Kabupaten Subang, dr Arya, yang merupakan anak dari calon petahana, Imas Aryumningsih, yang masuk tim pemeriksa kesehatan, padahal yang bersangkutan harus netral dan independen.
Maman  juga membantah terkait tudingan Panwaslu tersebut dalam tahapan MoU dengan tim pemeriksa kesehatan, terkesan adanya penguluran waktu pelaksanaan MoU tersebut. KPU sendiri masih memiliki waktu yang cukup sampai dengan tanggal 11 Januari nanti, sementara pemeriksaan kesehatan para Balonbup itu rencananya akan digelar secara serentak setelah semua Paslonbup terdaftar di KPU.  (r2i) 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama