» » Petani Diimbau Asurasikan Sawah

Bewara GSP -  Hadapi Cuaca Ekstrem dan rawan banjir, Dinas Pertanian Kabupaten Subang mengimbau petani mengasuransikan sawah. Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Subang Ir Asep Heryana Msi mengatakan, bencana alam seperti yang terjadi baru-baru ini, sangat berpotensi dampaknya terhadap lahan pertanian. Untuk itu pihaknya mengimbau petani mengasuransikan lahanya.
“Satu paket yaitu kartu tani dan asuransi tani, sehingga jika sawah petani terkena bencana maka bisa diganti rugi oleh PT Jasindo yang merupakan pelaksana asuransinya,”. Dijelaskan Asep, petani yang memiliki kartu tani sebelum masa tanam padi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada PT Jasindo, baru membayar premi Rp36 ribu per hektar. Biaya Rp36 ribu per hektar dan premi tersebut berlaku selama 6 bulan.
Dari data yang dimilikinya, jumlah petani di Kabupaten Subang sebanyak 49 ribu petani yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan kartu tani, namun baru 6000 petani yang mendapatkan kartu tani. Untuk itu pihaknya terus mengusulkan kepada pemerintah agar 43 ribu petani yang ada di Kabupaten Subang, juga bisa secepatnya mendapatkan kartu tani tersebut karena sangat bermanfaat. Dengan kartu tani beli pupuk urea bersubsidi bisa Rp1.800 per kilo, sedangkan petani lainnya yang tidak punya kartu tani hrganya Rp5000 an per kilonya jadi perbandingannya seperti itu
Adapun luas lahan pertanian di Kabupaten Subang, 84.570 hektar yang tersebar di 30 kecamatan. “tetep kita usulkan agar semua petani dikabupaten subang memiliki kartu tani,” tuturnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama