» » Antisipasi Musim Paceklik, Pemkab Subang Siapkan 25 Lumbung Padi di 25 Gapoktan

Bewara GSP - Untuk mengubah paradigma masyarakat petani Subang yang selalu menjual langsung hasil panen ke tengkulak, para petani diimbau kembali membudayakan menyimpan beras di lumbung padi.
Pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Ketahanan Pangan di tahun 2018 ini, membangun 25 lumbung di 25 desa yang tersebar di 30 kecamatan.
Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabuapten Subang, Endang Sutarsa, Rabu (17/1/2018).
Menurut dia, dibangunnya 25 lumbung padi ini bertujuan untuk agar para petani memiliki stok padi di kala menghadapi musim paceklik, sehingga tidak berdampak terhadap tingginya harga beras, seperti yang terjadi sekarang ini.
Endang mengungkapkan, ke-25 lumbung tersebut diperuntukkan bagi 25 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). Dibangunnya 25 lumbung tersebut sebagai stimulan dari Pemkab Subang bagi 25 Gapoktan, dengan jumlah anggaran yang dialokasikasikan dari APBD Kabupaten Subang tahun 2018 sebesar Rp1,25 milyar, atau masing-masing Gapoktan mendapatkan bantuan Rp 50 juta, sedangkan sisanya menjadi swadaya Gapoktan yang bersangkutan.
Lebih lanjut Endang berharap, dengan dibangunnya 25 lumbung di 25 Gapoktan, diharapkan bisa menjadi percontohan bagi Gapoktan-Gapoktan lain,l dalam mengembalikan budaya menyimpan padi di lumbung sebagai cadangan di musim paceklik.(r2i) 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama