» » Varietas Ciherang Masih diminati Petani

Bewara GSP -Meski banyak muncul varietas dan galur padi yang baru, petani di Desa Ciruluk Kecamatan Kalijati masih memilih varietas Ciherang yang kualitas padinya cukup baik, berasnya putih cerah/ dan nasinya pulen.
Bukan hanya itu saja padi jenis Ciherang produksinya cukup unggul sekitar 6-7 ton/ha. Seperti halnya Kelompok Tani Harapan Jaya III yang diketuai oleh Arnita, masih memilih varietas Ciherang sebagai padi unggulan.
Menurut Kepala Desa Ciruluk Kecamatan Kalijati Dede Darmawan, dari sekian ratus hektar area pesawahan yang ada di desanya itu, petani desa masih memilih jenis padi Ciherang. Meski diakuinya sejumlah petani variatif menanam selain padi Ciherang.
“Kita tadi ikut panen perdana bersama Babinsa AD, PPL dan Kelompok Tani Harapan Jaya III, di blok sawah Cidukuh, padinya mulus dan bagus, serangan hama dapat dikendalikan, hasil produksinya cukup tinggi, harga cukup stabil,”
Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Harapan Jaya III Arnita menuturkan bahwa pemilihan varietas Ciherang karena selain masih menjadi pilihan banyak petani, juga kualitas padi dan berasnya yang cerah/ herang dengan rasa yang pulen sedang.
Panen perdana diKelola kelompok tani Harapan Jaya III Desa Ciruluk Kecamatan Kalijati dengan luas areal panen 5 Ha. Mengambil sampel ubinan di sawah milik Bapak H. Idi dengan proses tanam saat bulan September 2017. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama