» » Ratusan Hektare Sawah Tergenang

Bewara GSP -Pasca jebolnya tanggul Bugel Desa Sukasari Kecamatan Sukasari yang mengakibatkan ratusan area sawah terendam. Hal tersebut berpengaruh kepada tumbuh kembang tanaman padi dan persemaian, sehingga petani harus tebar ulang dan tanam padi ulang.

Menurut PPL Desa Sukasari Adi menyampaikan bahwa genangan air itu bukan hanya merendam area sawah di desa Sukasari tetapi juga tiga desa lainnya yaitu Desa Anggasari, Batangsari dan Sukamaju.
Saat terjadi jebolnya tanggul Bugel genangan air yang merendam tanaman padi dan persemaian umur padi baru sekitar 15 hari setelah tanam, seluas 120 hektar. 40 hektar diantaranya tidak tertolong dan bisa dikatakan fuso dan harus tanam ulang, untuk persemaian 80 hektar total tidak bisa ditanam karena benih padi layu. Masih kata Adi dirinya tidak bisa menaksir kerugian petani secara keseluruhan, namun bila yang sudah tanam dan biaya tanamnya 1 ha 1 juta bisa diasumsikan ratusan juta.
Sementara itu, Kepala Desa Sukasari Cecep Juhyar menuturkan kondisi air sudah mulai surut dan aliran tidak deras. Petani di desanya melaksanakan kerja bakti guna menanggulangi memperbaiki tanggul yang jebol itu dengan alat seadanya. Dengan menumpuk karung berisi tanah dan bambu sebagai penahannya.
Namun saat ini, alat berat Becko dari Dinas PUPR sudah diterjunkan ke lokasi berkat kerjasama dengan Pemcam Sukasari.

Untuk membiayai operasi alat berat itu, dirinya telah membentuk panitia dari kelompok tani untuk menggalang dana operasional Becko tersebut secara swadaya dari petani yang terdampak sesuai luasan area sawahnya. “Biaya seharinya mencapai Rp2 juta, kita upayakan petani iuran swadaya, mudah-mudahan lancar dan petani bisa tanam padi lagi,” pungkasnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama