» » Ibu-Ibu, Inilah Rahasia Minyak Goreng Bekas Pakai Bebas Bau! Coba Sendiri di Rumah, yuk!

Tips GSP - Tak hanya mudah, menggoreng merupakan proses masak yang praktis dilakukan di rumah. Kita juga seringkali menggunakan minyak yang sama beberapa kali untuk menggoreng makanan untuk menghemat minyak. Namun, jangan menggunakan minyak yang sama bila sudah berwarna gelap dan kotor  apalagi berbau, ya.
Membersihkan Minyak Bekas Pakai
Setelah menggoreng aneka bahan, minyak biasanya akan berubah warna dan mengandung aneka serpihan bekas makanan. Pastikan selalu tuang minyak ke saringan halus sebelum disimpan. Cara ini akan membuat minyak kembali bersih dan tidak berbau tengik.
Jangan lupa juga simpan minyak di wadah yang bertutup agar tidak ada kotoran yang masuk ke dalamnya.  
Membersihkan Minyak Bekas Menggoreng Tepung
Setelah menggoreng ayam goreng tepung, minyak goreng biasanya akan jadi kental dan berwarna keputihan. Minyak seperti ini sudah tercampur tepung sehingga akan jadi cepat gosong jika digoreng kembali. Cara membersihkannya, diamkan dulu minyak selama semalaman. Nantinya tepung akan mengendap di bawah permukaan minyak.
Gunakan saja bagian minyak yang jernih di atasnya dan buang endapan.  Setelah itu, minyak siap digunakan kembali.  
Menghilangkan Bau Pada Minyak
Minyak menyerap bau, apalagi jika kita habis menggoreng ikan asin atau ayam kuning.
Setelah itu, pasti baunya langsung berubah. Kalau kita masih tetap ingin menggunakannya, bisa-bisa saja. Panaskan minyak lalu masukkan beberapa batang serai yang telah dimemarkan. Biarkan sampai layu. 
Nah tips di atas bisa sangat ampuh membuat minyak bekas bebas bau sehingga makanan jadi lebih lezat. Namun, walau bisa dibersihkan kembali, tapi minyak sebaiknya tidak digunakan lebih dari 3 kali karena kandungan lemak jenuhnya sudah berlebihan.
Jadi selalu bijak dalam menggunakan minyak kita di rumah ya. (*)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama