» » KPU Subang Mencatat Ada 143.761 Orang Sebagai Pemilih Baru di Pilkada 2018


Bewara GSP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang berhasil 100% melakukan Pencocokan dan Penelitian atau Coklit pada warga Subang yang telahpunyai hak pilih

Menurut Ketua KPU Kab Subang, Maman Suparman data tersebut telah dilaporkan kepada KPU Jawa Barat menjadi Data Pemilih Sementara hasil Perbaikan (DPSHP) untuk Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018.
Kegiatan Coklit tersebut kata Maman para petugas menghadapi beberapa tantangan diantaranya warga yang tidak bisa didatangi dalam satu kali kunjungan kemudian saat mendatangi daerah perumahan dan komplek militer serta masyarakat yang belum memiliki data identitas resmi kependudukan seperti KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
Untuk pemilih yang belum memiliki identitas resmi pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dengan menyerahkan data kuantitatif kependudukan kemudian diserahkan kepada Dinas Kependudukan untuk ditindaklanjuti.
“Dalam menindaklanjutinya kita (KPU) juga akan ikut memanatau terhadap yang dilakukan dinas Kependudukan dalam merekam data kependudukannya,” ujar Maman menjelaskan, Jum’at (2/3/2018).
Kemudian kata Komisioner Divisi Data, Suryaman data yang dilaporkan kepada KPU Provinsi Jawa Barat jumlah pemilih yang dicoklit ialah sebanyak 1.201.748 orang. Diantaranya data yang cocok atau sesuai sebanyak 862.753 orang. Kemudian perubahan data pemilih sebanyak 109.822 orang. Kemudian adanya pemilih baru sebanyak 143.761 orang. “Kita juga menemukan data yang tidak memenuhi syarat atau TMS. Diantaranya yang umurnya belum 17 tahun dan pekerjaannya ternyata TNI atau Polri aktif. Yang TMS ini sebanyak 229.173 orang kemudian pemilih dengan belum mempunyai KTP elektronik sebanyak 33.999 orang,” paparnya.
Kata Maman jumlah TPS di Kabupaten Subang terdata sebanyak 2.852 yang tersebar di 30 kecamatan dan 253 desa/kelurahan. (MDC/KPU Kab Subang)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama