» » Momentum HUT Damkar ke 99 Sebagai Tonggak Meningkatnya Tugas dan Fungsi Pelayanan Terhadap Masyarakat

Bewara GSP - Momentum Hari Jadi Pemadam Kebakaran ke-99 tahun 2018, diharapkan adanya Peningkatan Peran dan Fungsi Pemadam Kebakaran yang didukung secara Kelembagaan, Fasilitas dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Subang H. Hidayat menyatakan, peningkatan peran dan fungsi Damkar tersebut, perlu didukung secara kelembagaan, fasilitas dan SDM yang memadai, karena mengingat perlengkapan yang dimiiiki Damkar, dengan luas wilayah belum memadai seperti, Kendaraan Dampar yang hanya memiliki 5 unit, idealnya Subang harus memiliki 13 unit kendaraan damkar, dengan kapasitas sedang 10 unit, dan kapasitas besar 3 unit, serta peralatan lainnya sebagai penunjang tugas dan fungsi damkar Senin (5/3/2018).

Hidayat mengungkapkan. Jumlah kasus kejadi kebakaran di tahun 2017 lalu mencapai 113 kejadian, sedangkan dari periode Januari sampai dengan bulan awal bulan Maret 2018 ini, pihaknya mencatat sekitar 10 kasus kebakaran.

Selain itu kata Hidayat, jumlah personil damkar saat ini berjumlah 80 orang, 60 persen diantaranya merupakan tenaga sukwan, yang idealnya damkar Subang, harus memiliki 150 Personil, untuk ditempatkan di 3 titik Posko Damkar yaitu di Pantura, Subang Kota, dan Posko Selatan di wilayah Kecamatan Jalancagak, dan pihaknya menargetkan di tahun 2020 nanti, akan menambah satu titik posko di wilayah Barat tepatnya di Kecamatan Cipeundeuy, karena mengingat jumlah penduduk di wilayah barat sudah padat penduduk.

Lebih lanjut Hidayat menyatakan, dengan adanya dukungan secara kelembagaan, fasilitas, dan peningkatan SDM, sehingga mampu untuk menunjang tugas dan fungsi damkar dalam memadamkan api dan menyelamatkan jiwa dan harta benda korban.
"Kita butuh penunjang dari kelembagaan, fasilitas dan sdm damkar yang memadai," tegas Hidayat.
Sementara itu sebelumnya dalam memperingati Hari Jadi Damkar ke 99, sejumlah personil damkar, melakukan simulasi pemadaman api di Kantor Pemkab Subang, dan menyelamatkan 6 orang korban kebakaran, yang terjebak di dalam kantor Pemkab Subang, jalannya simulasi tersebut, sesuai dengan skenario simulasi.  (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama