» » Pembangunan Tol dan Jalur Kereta Api Masih sebatas Sosisialisasi

Bewara GSP - Rencana pembangunan jalan tol dan jalur kereta api penunjang akses menuju Pelabuhan Patimban, hingga kini belum ada perkembangan lebih jauh. Kasie Pemerintahan Kecamatan Pusakajaya, Ade mengaku hingga sejauh ini hanya baru dilakukan sosialisasi.  Sosialisasi langsung dilakukan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian. 

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 14 Desember 2017 itu dipusatkan di aula Desa Gempol dan diikuti delegasi dari beberapa kecamatan, meliputi Binong, Legonkulon, Pusakajaya, Pusakanagara, Tambakdahan dan Pamanukan. Sosialisasi diantaranya membahas studi kelayakan survei inventarisasi dan rancangan dasar akses jalur kereta api menuju Pelabuhan Patimban. Menurut Ade, sampai sejauh ini pihaknya masih fokus dalam konsultasi publik penyelesaian permasalahan pasca diumumkannya hasil pengukuran tanah. 

Sebelumnya, diketahui bahwa proyek Pelabuhan Patimban yang akan digarap oleh perusahaan patungan antara pemerintah Jepang dan Indonesia, akan dilengkapi infrastruktur transportasi penunjang dan terintegrasi, seperti jalan tol dan kereta api. Total kebutuhan anggaran pembangunan Pelabuhan Patimban mencapai angka Rp 43 triliun. 

Sumber pendanaan Pelabuhan Patimban Subang sendiri merupakan dana pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan tahap pertama pencairan sebesar Rp 14 triliun. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama