» » Pengawasan Disdik Masih Lemah

Bewara GSP - Pengawasan terhadap guru di sekolah harus diperketat. Hal itu sebagai upaya mencegah terjadinya tindak pidana yang dilakukan oleh guru terhadap siswa di lingkungan sekolah.

Terjadinya kekerasan kepada siswa yang dilakukan oleh guru, mestinya menjadi perhatian serius. Tak boleh tutup mata dengan kejadian yang mencederai dunia pendidikan.
Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Subang, Drs E Kusdinar MPd menyarankan agar Dinas Pendidikan melakukan pengawasan ketat ke sekolah-sekolah. Pengawasan harus dilakukan secara berkelanjutan.
Tak hanya itu, pembinaan terhadap guru pun harus dimaksimalkan. “Saran ke Dinas Pendidikan harus melakukan pembinaan terhadap guru yang intens sekali,” ujarnya.
Dia mengatakan, PGRI akan melakukan pembinaan maksimal terhadap guru-guru, terutama anggota PGRI. Mantan Kadisdik itu mengatakan, harus ada ketegasan agar tidak lagi terjadi kasus serupa.

Sementara itu Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Jawa Barat, Cucu Sukmana ST MM mengatakan, selama ini pemerintah cenderung melakukan pembinaan terhadap guru dari dua aspek saja, kompetensi professionalisme dan pedagogik.
“Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru hampir tidak disentuh baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” katanya.

Dia mengatakan, hal itu menjadi salah satu indikator persoalan mengapa guru bisa sampai melakukan tindak pidana seperti kekerasan terhadap anak di sekolah. Yang perlu menjadi perhatian saat ini, kata dia, yakni pemerintah melakukan pembinaan terhadap guru mengenai hukum.
Sementara itu Pjs Bupati Subang, Drs H Dady Iskandar MM menanggapi adanya kekerasan di lingkungan sekolah. Ia menyebut hal itu menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah, sekolah, orang tua, termasuk Komisi Perlindungan Anak (KPA).
Ia meminta semua pihak untuk bergerak melakukan pencegahan terjadinya kekerasan di sekolah oleh guru terhadap siswa.
“Ini menjadi tanggungjawab bersama, tidak bisa sendiri-sendiri,” ungkapnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama