» » Program Rastra Segera Diganti

Beara GSP - Program Rastra segera diganti, Dinas Sosial gencar sosialisasikan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang akan mulai disalurkan 25 April 2018 mendatang. Kepala Dinas Sosial Rahmat Effendi, mengatakan Kementrian Sosial mulai tanggal 25 April 2018 program beras Untuk Rakyat Sejahtera (Rastra), akan digantikan dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).  “Penyaluranya melalui agen-agen yang yang ditunjuk oleh Bank Himbara (Himpunan Bank Negara), Untuk Subang yang ditunjuk BRI,” ucapnya.

Dijelaskan Rahmat, setiap agen nantinya akan melayani maksimal 250 KPM, untuk setiap KPM akan mendapatkan jatah Rp110 ribu namun dalam bentuk beras dan telur. Jumlah KPM BPNT Kabupaten Subang 112.891 KPM.
Untuk menanggulangi keluhan dari sejumlah kepala desa mengenai data ganda, pihaknya sesuai intruksi Kemensos melakukan pemutakhiran data melalui musyawarah kelurahan (muskel), musyawarah desa (musdes) di setiap desa dilengkapi berita acara dengan tidak menambah kuota penerima rastra.
“Kita juga melakukan rapat kordinasi teknis (Rakornis) yang melibatkan desa, kecamatan, pendamping PKH, TKSK dan lainnya. Untuk mensosialasikan tentang langkah-langkah pemutakhiran KPM Rastra yang akan menjadi KPM BPNT,” tuturnya.
Diungkapkan Rahmat, 75 persen desa-desa di Kabupaten Subang sudah menyerahkan data data hasil musdes dan muskel ke Dinsos Subang. Selanjutnya data tersebut ditetapkn oleh surat keterangan (SK) Bupati Subang setelah itu baru dikirim ke Kemensos.
Untuk beras dan telur program BPNT akan disediakan oleh Bulog, namun kedepanya pemerintah memberikan kesempatan kepada pelaku usaha di tingkat kecamatan dan desa untuk berpartisipasi menjadi distributor. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama