» » Sekdes Baru Adaptasi Kelola Pelaporan Keuangan Desa

Bewara GSP - Sesuai dengan aturan pemerintah bahwa Sekretaris Desa (Sekdes) berstatus PNS ditarik atau dipindah tugaskan ke kantor kecamatan bersangkutan. Dengan kondisi itu, maka sejumlah Sekdes non PNS yang diangkat oleh Kepala Desa masih kelimpungan dan beradaptasi soal kinerjanya, terutama saat pelaporan pengelolaan keuangan desa tahun 2017.
Seperti halnya yang dialami Sekdes Mulyasari, Suryadi yang menggantikan Sekdes PNS-nya terdahulu. Ia mengaku masih kelimpungan menatata administerasi pelaporan keuangan desa tahun 2017. Hal ini sehubungan Sekdes PNS terdahulu sudah pindah tugas ke kantor kecamatan.
Mengapa terjadi demikian karena secara personal tidak ada penyerahan dan atau pembinaan teknis pelaporan sehingga mengakibatkan rancunya administerasi pelaporan atau SPJ.
Diapun merasakan mungkin ini masih adaptasi karena baru tiga bulan jalan, masih belajar dan mempelajari tata kelola administerasi pelaporan keuangan desa.
Tahun anggaran 2018 ini, menurutnya sudah mulai bergulir program bantuan keuangan desa. Baik dari Pemkab seperti ADD dan BKUD/K, Banprov dan Dana Desa. Semua pengelolaan dan penggunaan dana tahun anggaran 2017 harus segera dilaporkan.
“Meski masih adaptasi dan belajar, saya upayakan semuanya bisa rampung, sehingga program akan berjalan sebagaimana mestinya,” tambahnya.

Menurut Suryadi, ada beberapa bagian yang mesti dipelajari, bukan hanya teknis pelaporan saja, tetapi formatnya juga bisa berubah. Untuk sementara masih melihat format terdahulu. Namun tahun ini ada pula format yang baru sesuai arahan dan petunjuk dari dinas terkait. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama