» » Sudrajat Ajak Pemuda Bertani

Bewara GSP - Cagub Mayjen (Purn). Sudarajat mengajak generasi muda untuk mau bertani, dan memanfaatkan lahan sawah dan kebun yang sudah ada secara berkelanjutan.

Menurutnya, dengan begitu maka regenerasi petani di Jawa Barat juga Indonesia terus berkesinambungan. Saat ini generasi muda lebih memilih jadi Kaum Urban di kota-kota besar menjadi pekerja swasta atau berwiraswasta.

“Bila hal ini terjadi terus maka kedepan siapa yang akan dan mau menggarap sawah di desa-desa. Padahal negara Indonesia terkenal agraris dan Jawa Barat adalah salah satu penghasil produksi padi nasional,” ujarnya saat menjumpai kalangan petani, peternak dan nelayan di Kabupaten Subang.

Saat ini, sedikit pemuda yang mau bertani di desanya, padahal menjadi petani itu berkah dan banyak menghidupi orang banyak hingga masyarakat perkotaan yang bergantung dari hasil pertanian di pedesaan.
Petani saat ini disarankan untuk tidak menjual gabah basah tetapi bagaimana mengolah gabah tersebut hingga menjadi beras, artinya petani lebih punya nilai tambah. Jangan menjual sawah, tapi bagaimana sawah yang sedikit itu menjadi lebih luas. Petani harus mampu berdifersifikasi usaha tani, menjadi peternak dan petani ikan, mampu bertransformasi merubah petani yang tradisional/konvensional menjadi petani yang modern berwawasan industeri pertanian.
“Petani kedepan juga tidak gaptek, mampu berkomunikasi dengan teknologi informasi kekinian seperti HP android dan sejenisnya,” katanya.
Dengan kemampuan alat komunikasi yang canggih, petani bisa langsung menjual ke pasar atau pedagang pasar, hasil komoditas petani bisa langsung menjual ke pasar.
Kemudian pentingnya berkelompok tani, petani desa bisa menyalurkan aspirasinya ke pemerintah melalui poktan, poknak dan KUD Mina untuk nelayan dan tambak.
“Program pertanian akan menjadi prioritas pembangunan di Jawa Barat, penyediaan pangan dan kelangsungan produksi pangan berkelanjutan,” pungkasnya. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama