» » DLH SUBANG REVITALISASI LAHAN DENGAN MELAKUKAN KAJIAN BIOMASSA TANAH DI 6 KECAMATAN

Bewara GSP - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, menetapkan 6 kecamatan di menjadi pilot projek kegiatan kajian biomassa, atau program revitalisasi lahan, terkait status kerusakan lahan atau tanah yang tidak produktif, diantaranya Kecamatan Cisalak, Ciater, Purwadadi dan Kecamatan Pagaden.  

Terkait hal itu, Kepala DLH Kabupaten Subang, Dr H Yayat Sudrajat mengatakan, bahwa biomassa bisa bermanfaat bagi masyarakat, terurama dalam hal menentukan kesuburan tanah, yang cocok maupun yang lahan yang tidak cocok untuk digunakan menjadi lahan pertanian.  

"Ada 12 kecamatan yang menjadi target, saat ini baru enam yang sudah dilaksanakan sekaligus menjadi pilot projek, seperti Cisalak, Ciater, Purwadadi dan Pagaden. Daerah daerah itu dipilih dikarenakan kondisi tanahnya sudah rentan, termasuk pula bisa mewakili kondisi wilayah Subang, dengan kajian biomassa," ujar Yayat Kamis (19/4/2018).

Ia mengatakan, ke depannya enam kecamatan itu menjadi display sekaligus pilot project mendukung ketahanan pangan melalui produksi biomassa. Sebab, kondisi saat ini banyak lahan/tanah di berbagai wilayah kondisinya sudah rusak sehingga memerlukan revitalisasi melalui kajian biomasa.   

Dikatakan Yayat, banyak wilayah di Subang termasuk kategori rentan masalah di berbagai sektor terkait pertanian, kebencanaan dan ruang terbuka hijau. Upaya memperbaikinya membutuhkan kajian mengacu kepada informasi dan hasil monitoring di enam Kecamatan tersebut.

"Jadi kondisi dan status kerusakan lahan/tanah itu seperti apa bisa diketahui dari infomasi dan hasil monitoring, sehingga tindaklanjutnya bisa optimal sesaui kondisi tiap daerah,". Dijelaskan Yayat, semua tahapan memerlukan proses komunikasi, edukasi dan sosialisasi. Harapannya ke depan bisa menghimpun dan menggalang gerakan masyarakat, melalui program ini pula menjadi upaya merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup, agar biomassa tanah. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama