» » DLH SUBANG SEGERA SULAP TPA PANEMBONG JADI EKO WISATA EDUKASI UNTUK MASYARAKAT

Bewara GSP - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, segera membangun Tempat Penampungan Sampah Akhir (TPA) Panembong, menjadi Sebuah tempat Eko Wisata Edukatif bagi masyarakat Kabupaten Subang pada khususnya, umumnya masyarakat Jawa Barat. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Dr, H. Yayat Sudrajat didampingi Kepala UPT TPA Panembong Yaya mengatakan, kedepan TPA tersebut, tidak lagi berkesan sebagai tempat pembuangan sampah akhir, yang terkesan bau dan kumuh, tetapi menjadi sebuah tempat Eko Wisata Edukatif bagi masyarakat, masyarakat bisa belajar tentang cara memilih, memilah dan mengolah sampah, menjadi barang yang berguna dan bermanfaat, terlebih bisa menghasilkan rupiah sebagai tambahan pendapatan bagi masyarakat. 

"Jadi nantinya TPA Panembong ini, tidal lagi mengeluarkan bau yang menyengat, bahkan ada kesan kumuh, yang orang-orang enggan untuk datang ke TPA, tetapi dengan dijadikannya TPA Panembong ini menjadi Eko Wisata Edukatif, tenunya akan sangat berbeda, dan kesan TPA-nya akan berubah 360 derajat, dan orang-orang akan senang datang kesini, tidak hany untuk belajar, tetapi juga untuk berekreasi," ujar Yaya di Subang, Sabtu (21/4/2018). 

Sebagai Eko Wisata Edukatif, TPA Panembong nantinya menyiapkan beberapa fasilitas, mulai dari tempat parkir kendaraan, Mesjid, Pos Masuk, Jembatan Timbang, Kantor, Toilet, Air Mancur, Saung Gazebo, Taman Bermain dan Area Pembuangan Sampah, sehingga membuat nyaman masyarakat atau para Wisatawan yang berkunjung ke TPA nanti. 

"Di TPA nanti akan Kita lengkapi dengan berbagai semua fasilitas, untuk masyarakat yang berkunjung nanti," imbuhnya.

Ia menjelaskan, ide awal TPA Panembong dijadikan Eko Wisata Edukatif kata Yaya, karena Subang, ingin mempertahankan Piala Adipura di tahun 2018 ini, membuat DLH Kabupaten Subang, melakukan Study Banding ke Kabupaten Malang Jawa Timur, dan hasil Study Banding tersebut di terapkan di TPA Panembong, salah satunya Eko Wisata Edukasi tersebut. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama