» » HARI TERKAHIR PENELITIAN DI SITUS NYI SUBANG LARANG, TIM ARKEOLOG TEMUKAN KERANGKA MANUSIA UTUH

Wisata Budaya - Ekskavasi hari terakhir Tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung, di Situs Nyi Subang Larang, Desa Nangerang Kecamatan Binong Subang, Jawa Barat, Sabtu (21/4/2018) kemarin, menemukan satu kerangka manusia secara utuh, termasuk fragmen tembikar berupa manik-manik yang terbuat dari kaca, batu dan logam mulia, serta senjata berupa parang, pisau dan kapak, lengkap dengan batuh sasahnya.

Ketua Tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Bandung, Dr. Lutfi Yondri mengungkapkan, temua kerangka Manusia di Situs Nyi Subang Larang, selama ekskavasi sejak rahun 2016 lalu sampai dengan hari Sabtu (21/4/2018) kemarin itu, Tim menemukan 5 kerangka manusia, meski 4 diantaranya tidak utuh, sedangkan kerangka manusi yang ditemukan kemarin itu merupakan temuan yang paling utuh, dan paling lengkap. Karena mulai dari bagian kepala sampai dengan kaki masih utuh, termasuk 3 bagian bekal kubur yang cukup banyak, yang ditempatkan di 3 bagian terpisah.
"Alhamdulillah, kami bersyukur bisa mendapatkan temuan kerangka manusia yang lengkap, di ekskavasi tahun 2018 ini, jadi dengan temuan ini, bisa mempermudah mencari dan menggali informasi tentang data perkembangan kehidupan Austronesia di Jawa Barat, bisa lebih lengkap lagi," ujar Dr. Lutf   di Subang, Minggu (22/4/2018).
Ia menjelaskan, tempat ditemukannya kerangka manusia yang utuh ini, karena ekskavasi sudah berakhir, maka kerangka manusia ini, ditutup dengan menggunakan alumunium foil dan plastik, kemudiaan dikubur dengan tanah lagi, hal itu guna keamanan, dan kelanjutan penelitian selanjutnya.
Ia berharap, ada tindaklanjut dari Pemerintah Kabupaten Subang, termasuk dari Pemerintah Provinsi dan Pusat, baik itu untuk membuat replika kerangka manusia yang telah diketemukan itu, termasuk kelanjutan penelitian selanjutnya.
"Kita tahu Pemkab Subang sedang menyiapkan laboratirium musium, jadi replika kerangka itu bisa di simpan di disini dan aslinya disimpan di musium," jelas Lutfi.
Ia menambahkan, dari hasil penemuan ini akan diuji lab, dari hasil uji lab nanti diharapkan bisa memperjelas tentang perkembang kehidupan di Jawa Barat, dan ada kemungkinan temuan ini ada kaitannya dengan keberadaan Gunung Padang di Cianjur. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama