» » LANUD SURYADARMA SIAPKAN TIM HELIKOPTER TANGANI BANJIR

Bewara GSP -  Lanud Suryadarma menggelar simulasi penanggulangan bencana alam di Lapangan Marabunta, Desa Rancasari, Pamanukan, kemarin (18/4). Acara simulasi ini juga melibatkan berbagai dinas diantaranya BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Bencana. Latihan tersebut sebagai upaya kesiapan Lanud Suraydarma dalam penanganan serta penanggulangan banjir di wilayah Pantura Subang.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI T.Sembiring Meilala mengatakan bahwa tugas TNI ada dua fungsi yakni Operasi Militer Perang (OMP) serta Operasi Militer Selain Perang. Kegiatan simulasi ini merupakan tugas operasi militer selain perang. Turut berperan aktif dan perbantuan TNI pada pemerintah daerah setempat.
Marsma TNI T.Sembiring berharap dengan adanya kegiatan simulasi Latihan Walert Terampil Lanud Suryadarma, akan lebih mensiagakan tim bantuan udara. Kedepan bisa diagendakan latihan gabungan, mulai dari BPBD, Lanud Suryadarma, TNI AD, Polri bersama dengan Basarnas,” latihan secara sektoral, supaya bisa tergabung seperti contoh hari ini, ” jelasnya
Di kesempatan yang sama, Asisten Daerah II Pemkab Subang Dr. H. Komir Bastaman , mengapresiasi kegiatan simulasi yang digelar oleh Lanud Suryadarma. Latihan penanganan bencana yang dilaksanakan seperti ini, merupakan bentuk persiapan dan kesiapan seluruh pihak dalam menghadapi bencana di Kabupaten Subang.  Sementara itu Komir Bastaman menambahkan, bahwa upaya untuk menanggulangi bencana itu ada dua yakni jangka pendek serta jangka panjang. “Jangka pendek iyaitu menanggulangi pada saat kejadian. Itu termasuk yang disampaikan pada saat simulasi tadi, boleh jadi ada korban yang terisolir dan tidak terjangkau oleh pertolongan, harus melalui udara, dan itu pernah terjadi,” bebernya
Jalannya acara simulasi sendiri sangat mengundang antusias warga di sekitar Pamanukan. Sejak pukul 13.00, warga dari berbagai lapisan sudah mulai memadati sekitaran lapangan Marabunta untuk melihat simulasi penanggulangan bencana melalui udara dengan helikopter. Ada tiga Helikopter EC120 B Colibri milik TNI AU yang diterjunkan dalam simulasi itu. Dalam simulasi kali ini, diskenariokan telah terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah. Yang mengakibatkan sejumlah titik di wilayah Pantura Subang mengalami banjir hingga merendam pemukiman warga, serta fasilitas umum lainnya.
Melihat keadaan tersebut, Bupati Subang mengaktifkan sistem Komando Penanganan Darurat Bencana dan meminta Komandan Lanud Suryadarma untuk menjadi Komando Posko Penanganan Bencana. Hingga tim Helicopter diterjunkan untuk menanggulangi bencna banjir tersebut, dengan bantuan makanan dan obat-obatan. Serta mengevakuasi korban terdampak. (pe)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama