» » ATING: CALON TKI TEMPUH PROSEDUR LEGAL

Bewara GSP - Selama tahun 2018, tercatat sudah ada 13 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang meninggal. Bahkan diantara mereka, kebanyakan diantaranya berstatus illegal, habis masa kerja atau overstay.  Menanggapi hal itu, Plt. Bupati Subang Ating Rusnatim berharap kepada para calon tenaga kerja dari Subang yang berminat ke luar negeri untuk menempuh prosedur sesuai aturan yang berlaku.  

Sebab menurut Ating, jika berstatus illegal atau overstay, pemerintah daerah juga kerap mengalami kesulitan dalam mengurusi permasalahan yang kerap muncul. Bahkan jika prosedur itu dilalui dengan benar, perlindungan pada TKI memiliki jalur tersendiri dan telah memiliki aturan yang jelas. Ating mengharapkan kerjasama seluruh pihak dari mulai jajaran pemerintah desa, kecamatan, Disnakertrans untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat yang berminat bekerja diluar negeri untuk menempuh terlebih dahulu prosedur yang telah ditetapkan. 

Terutama PJTKInya harus jelas dan legal serta bertanggungjawab. Sebelumnya, Ating hadir di Masjid Baiturahman, Desa Pusakajaya dalam kegiatan safari Ramadan tingkat Kabupaten yang diikuti seluruh jajaran Muspida dan SKPD Pemda Subang.  

Sementara itu Manager Komunitas TKI Bijak Savitri Soegijoko merasa prihatin dengan kejadian meninggalnya 13 TKI tersebut. Ia berharap dengan kondisi demikian, calon pekerja migran Indonesia (PMI) bisa lebih memperhatikan urusan kesehatannya.  Ia juga menyayangkan, kebanyakan dari 13 TKI asal Subang yang meninggal tersebut banyak yang sudah habis masa kerja atau habis visa kerjanya (overstay). 

Oleh karena itu, Savitri yang aktif mengkampanyekan persiapan keberangkatan calon TKI berharap calon PMI harus benar-benar memilih jalur prosedural. Sehingga kejadian-kejadian tersebut bisa diminimalisir. Pemerintah dan semua pihak yang peduli dan berkepentingan harus bekerja sama untuk memastikan bahwa PMI yang berangkat sadar betul tentang pentingnya memiliki asuransi kesehatan selain juga kewajiban menjaganya. 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama