» » PANTAUAN HARGA SEMBAKO JELANG RAMADHAN

Bewara GSP - Benarkah harga sembako naik menjelang puasa? Kekhawatiran tersebut sering menimpa para ibu rumah tangga yang mulai menata lebih detail pengeluaran yang harus disiapkan saat bulan Ramadhan tiba. Namun untuk para ibu rumah tangga tidak perlu khawatir, karena bahan baku utama, yakni beras, tidak mengalami kenaikan. Bahkan dapat dikatakan menurun. 

Hal ini dibenarkan salah satu pendagang beras di Pasar Tradisonal Subang, Didin, 53. Menurut Didin, jenis beras kualitas premium saat ini dibandrol dengan harga Rp10.500 per liter. Angka tersebut bertahan sejak musim panen dari harga sebelumnya, yaitu Rp11.500. Jenis beras lainnya yang kualitas satu tingkat di bawahnya, juga hanya memiliki selisih Rp500. Begitu pun seterusnya sampai beras termurah ada Rp8.500 per liter. 

“Diperkirakan akan naik lagi setelah bulan Agustus. Untuk beras sebetulnya tidak terpengaruh oleh bulan puasa. Harga dipengaruhi musim panen,” jelas Didin.

Sementara itu budget lebih nampaknya harus dipersiapkan untuk membeli sembako lainnya, seperti cabai merah, cabai rawit dan bawang merah. Bahan-bahan dapur ini menurut salah satu pedagang di pasar tradisional Subang, Oom, 56, cenderung mengalami kenaikan. Dalam dua bulan terakhir, harga cabai merah dari Rp 32ribu per kilogram kini menjadi Rp 40 ribu. Begitu pun untuk bawang merah sebelumnya harga Rp28 ribu bisa dapat bawang merah kualitas bagus, tapi sekarang harga segitu pembeli hanya bisa mendapatkan bawang dengan ukuran kecil. 
Untuk bawang kualitas bagus harganya naik menjadi Rp32 ribu per kilogram. Oom mengaku harga juga akan diperkirakan naik lagi saat bulan puasa tiba. Beralih ke harga ayam potong, meskipun mengalami kenaikan, tapi nampaknya tidak begitu signifikan. Menurut Rizky, seorang pedagang ayam potong mengaku harganya saat ini mencapai Rp 38 ribu oer kilogram, dari harga sebelumnya Rp35 ribu. Diakuinya sejak dua bulan terakhir tidak mengalami penurunan.

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama