» » HINDARI KEBAKARAN SEBELUM MUDIK DAN PASTIKAN KABEL LEPAS STOP KONTAK

Bewara GSP -  Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Daerah (DPKPBD) Kabupaten Subang, H. Hidayat mengingatkan masyarakat Subang, yang mudik ke Kampung Halamannya, untuk memastikan, jaringan kabel elektronik tidak tersambung ke aliran listrik, sehingga pada saat rumah ditinggalkan dalam kondisi aman. Menurut Hidayat, jika kabel elektronik seperti televisi, kipas angin, pompa air, lemari es, radio, AC, Komputer dan dispenser, harus dicabut dari stop kontaknya, agar tidak terjadi hubungan arus pendek, yang dapat mengakibatkan kebakaran rumah. 

"Saya harap, bagi masyarakat yang hendak mudik ke Kampung Halamannya, agar memastikan semua kabel elektonik sudah tidak tersambung dengan aliran listik, guna menjaga dan mengantisifasi, kemungkinan terjadinya kebakaran rumah pada saat ditinggalkan, yang disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik," ujar H. Hidayat di Subang, Senin (11/6/2018).

Selain kabel elektronik yang harus dipastikan terlepas dari stop kontaknya kata Hidayat, juga tabung gas elpiji harus dipastikan selang regulatornya harus terlepas dari tabung, sebelum meninggalkan rumah, untuk ditinggal mudik, karena khawatir selang regulator bocor, ketika ada percikan api atau listik yang dinyalakan, bisa juga menjadi penyebab kebakaran.
Sementara itu,  untuk mengantisifasi ancaman bencana kebakaran, pihaknya dikatakan Hidayat, sudah menyiapkan seluruh armada Pemadam Kebakaran di tiga titik yaitu, di Pamanukan untuk melayani korban kebakaran di wilayah Pantura, Subang Kota melayani wilayah Cipeundeuy-Kalijati-Dawuan-Subang dan Cibogo, serta Pagaden. Armada Damkar yang standby di Jalancagak melayani seluruh Kecamatan yang ada di Jalancagak, sehingga dengan demikian masyarakat bisa menghubungi Kepala Desa dan Camat masing-masing, jika terjadi kebakaran. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama