» » PANWASLU SUBANG: PROSES PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK 2018 BANYAK PELANGGARAN

Bewara GSP - Hari H pencoblosan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Subang, dan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Jabar, pada Pilkada Serentak 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Subang, banyak menemukan pelanggaran Pilkada di sejumlah TPS, pada saat pelaksanaan pemungutan suara berlangsung. Ketua Panwaslu Kabupaten Subang, Raskim S.Ag didampingi Kepala Sekretariat Panwaslu Kabupaten Subang, Hj. Euis Yulia melalui Staff Divisi pelanggaran Panwaslu Kabupaten Subang, Muhiban S.Ag menyatakan, dari hasil pantauan Panwaslu selama berlangsungnya pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah TPS, terutama itu paling banyak ditemukan di wilayah Pantura.

Temuan itu diungkapkan Muhiban yaitu, adanya temuan di TPS Dusun Cibeunying Desa Dawuan Kidul Kecamatan Dawuan, berupa kesalahan pemilih yang salah memasukan surat suara Pilkada Bupati Subang dimasukan ke Kotak suara Pilkada Gubernur Jabar, begitupun sebaliknya, di TPS 08 Dusun Carwijan Desa Lengkong Kecamatan Pamanukan tidak terdapat alat peraga Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Jabar, dan saksi terdapat dua saksi, yang satu merangkap sebagai saksi salah satu Paslonbup, sekaligus menjadi saksi Paslongub, dengan satu surat tugas, di TPS O1 Dusun Krajan Timur Desa Purwadadi Timur Kecamatan Purwadadi, kekurangan surat suara Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur Jabar 2018, kekurangan suarya suara sebanyak 114 surat suara dan kekurang surat suara tersebut sudah diantisifasi oleh pihak PPS, dan temuan di TPS 03 Dusun Prapatan Desa Tegalurung Kecamatan Legonkulon, surat suara tidak ditandatangani Ketua KPPS, sebanyak 185 surat suara, dan buka oleh KPPS.

Sementara itu menurut Muhiban, temuan pelanggaran pada saat pemungutan suara, bisa bertambah banyak, karena dari panatauan atau hasil pengawasan Panwaslu di lapangan, baru teridentifikasi oleh Panwaslu yang melakukan pengawasn di wilayah Pantura, belum temuan yang ditemukan oleh Panwaslu yang memonitor di wilayah Selatan, dan Tengah, termasuk temuan nanti pada saat pelaksanaan Penghitungan suara di TPS.
"Ini hanya baru sebagian kecil temuan yang diketemukan oleh Kita dilapangan, belum oleh Panwaslu yang memonitor pelaksanaan pencoblosan di TPS. Lyang ada di wilayah Selatan, dan Tengah, mungkin juga nanti bertambah pada saat pelaksanaan Penghitungan suara, yang rawan banyak temuan," tegasnya.
Lebih lanjut Muhiban mengatakan, pihaknya terus mengintrulsikan kepada seluruh jajaran Pengawas TPS, Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dan Panwascam, untuk melakukan pengawasan aktif sampai selesainya proses penghitungan suara hingga penetapan hasil Pilkada nanti. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama