» » DINKES SUBANG USULKAN SELURUH PUSKESMAS MENJADI BULD

Bewara GSP - Untuk meningkatkan pelayanan medis, yang lebih maksimal di tingkat Puskesmas, dengan membentuk Badan Usaha Layanan Daerah (BULD) di seluruh Puskesmas yang ada. Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. H. Ade Rusliyana mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu Surat Keputusan SK Bupati Subang, sebagai legalitas diberlakukannya BULD di seluruh Puskesmas itu.  

Alasan dari diberlakukannya BULD itu di semua Puskesmas itu kata Ade, sebagai upaya mengantisifasi buruknya pelayanan medis kepada masyarakat, karena terkendala dengan sistem keuangan daerah yang, berbelit-belit, misalnya anggaran untuk pengadaan obat-obatan dan tenaga medis yang kurang, sedangkan anggaran di APBD minim, sementara pelayanan medis di Puskesmas itu harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.  

Sedangkan disisi positifnya dengan diberlakukannya BULD itu nanti jelas Ade, semua Puskesmas bisa lebih mandiri, mulai dari pengadaan obat-obatan, sarana dan prasarana medis seperti, peralatan USG misalnya, itu sudah bisa dilakukan oleh Puskesmas yang bersangkutan, termasuk penambahan tenaga dokter sepseialis yang dibutuhkan, serta pengadaan tenaga administrasi dan keperawatan. 

"Jadi kedepan apa yang dibutuhkan Puskesmas, dalam meningkatkan pelayanan medis kepada masyarakat,  itu sudah bisa dilakukan oleh Puskesmas yang bersangkutan, meski semuanya harus melalui rekomendasi Dinas Kesehatan, termasuk subsidi obat-obat generik yang masih dipasok oleh Dinas, yang bentuknya hibah," terang Ade. 

Selain itu dikatakan Ade, dengan BULD itu Puskesmas bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yang masuk ke kas daerah, setiap tahunnya dari pelayanan medis dari Puskesmas. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama