» » GANTI RUGI TAHAP II, TUNGGU REVIEW BPKP

Bewara GSP - Proses pembayaran ganti rugi lahan tahap II untuk akses jalan sedang dalam proses review pihak BPKP. Hal tersebut dikatakan Camat Pusakanagara Ela Nurlaela saat diwawancarai Pasundan Ekspres, pasca site visit Pj Gubernur Jawa Barat M.Iriawan ke Proyek Pelabuhan Patimban kemarin (11/7) di Area Dermaga Patimban. 

Ela mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diketahuinya juga saat melakukan rapat-rapat dinas, proses pembayaran ganti rugi lahan untuk akses jalan masih dilakukan review oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Camat Ela mengungkapkan bahwa proses pembayaran tahap II untuk 76 bidang tanah, akses jalan menunggu proses review di BPKP selesai dilakukan. 

Ela mengakui bahwa masyarakat yang telah menyetujui ingin segera dilakukan pembayaran.  Ela menjelaskan bahwa proses pembayaran ganti rugi lahan sedang dilakukan percepatan untuk akses jalan. Sebab kata Ela, setelah proses pembebasan lahan untuk akses jalan selesai dilakukan, akan mulai beralih pada backup area.  Saat ini katanya, pembayaran untuk akses jalan telah dilakukan pada 22 bidang dari 17 pemilik lahan. 

Dari jumlah tersebut, ada 3 orang yang belum menerima pembayaran yang disebabkan kurangnya dokumen persyaratannya. Terkait konflik tanah yang mengemuka, Ela menuturkan, bahwa pihak Kecamatan tidak memiliki kewenangan apapun terhadap penetapan harga tersebut. Sebab menurutnya, pemerintah memiliki hitungan sendiri yang penilaiannya dilakukan oleh tim appraisal.  

Namun ia juga berharap bahwa pembayaran ganti rugi lahan untuk akses jalan akan segera dilakukan. Sebab setelah pembebasan akses jalan selesai, selanjutnya akan mulai beralih pada proses pembebasan lahan backup area yang tinggal menunggu pengumuman nilai ganti rugi lahan. 

Sebelumnya, pada Juni lalu tepatnya tanggal 8 Juni, pembayaran uang ganti rugi telah dilakukan pada 22 Bidang tanah dengan 17 pemilik untuk akses jalan yang nilainya mencapai Rp. 11 miliar lebih. Proses pembayaran uang ganti rugi tahap II masih untuk akses jalan akan dilaksanakan setelah selesainya proses review atau verifikasi di BPKP jawa Barat selesai dilaksanakan. 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama