» » GROUNBREAKING PEMBANGUNAN PELABUHAN PATIMBAN

Bewara GSP - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat M. Iriawan meninjau lokasi proyek strategis nasional (PSN) rencana pmbangunan Pelabuhan Patimban di Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara Kabupaten subang, kemarin (11/7).  M.Iriawan hadir didampingi jajaran dari Kemenhub, Kadishub Provinsi Jabar, Wakil Bupati Subang Ating Rusnatim, beserta dinas terkait serta Muspika Kecamatan Pusakanagara. 

Menurutnya, kedepan tinggal melakukan proses penyelesaian pembangunan jalan, pembenahan aset-aset serta keperluan penunjang pembangunan. Sebab menurut Iriawan, Pelabuhan Patimban jauh lebih luas dan lebih besar jika dibandingkan dengan Cirebon, Tanjung Emas, serta Tanjung Perak. Sehingga apa yang diharapkan oleh pemerintah pusat, dan masyarakat Patimban bisa terealisasi, karena areanya cukup luas. Termasuk wilayah, pencakupan areal laut. sehingga saya perintahkan pejabat terkait untuk melakukan langkah-langkah, guna mendukung percepatan pemnbanguna, sesuai tupoksinya masing-masing

Seperti diketahui, kunjungan ke Subang selain untuk meninjau venue Asian games, juga untuk melihat lokasi rencana pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban yang kabarnya akan dilakukan groundbreaking pada akhir bulan ini.
Saat meninjau lokasi, M.Iriawan yang didampingi Kepala Dinas Perhubungan Porvinsi Jawa barat Dedi Taufik, Wakil Bupati Subang Ating Rusnatim, Kepala BPN Subang Lilis Ismayatuti SH serta Camat Pusakanagara Ela Nuralela, terus berkomunikasi sambil melihat peta pembangunan dan lokasi area.
M.Iriawan sempat berdiskusi dengan pejabat terkait diatas, membahas progress terkini rencana pembangunan pelabuhan, mulai dari pembebasan lahan hingga rencana lokasi groundbreaking yang kemungkinan akan dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.
Pasca diskusi dan berkomunikasi serta meninjau lokasi, M.Iriawan mengungkapkan bahwa selanjutnya, ia akan memberikann informasi dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat mengenai groundbreaking.
Menurut Iriawan  Tahap I pembangunan akan dilakukan setelah pembebasan lahan dilaksanakan secara tuntas. Ia menyebutkan, bahwa pembebasan lahan sendiri menelan biaya hingga 800 Miliar lebih. Nantinya, pembangunan pelabuhan sendiri akan menempati lahan seluas 372 hektare yang mencakup backup area. Namun saat ini fokusnya ada pada pembebasan lahan terlebih dahulu.
Pemerintah pusat sendiri dalam berbagai kesempatan, menyampaikan bahwa Pelabuhan Patimban direncanakan akan mula beroperasi pada Bulan Maret 2019 mendatang.
Seperti dilansir jawapos.com, Pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang rencananya akan dimulai pada akhir bulan Juli 2018. Komitmen itu ditegaskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Jika tidak ada aral melintang, proyek tersebut ditargetkan bisa rampung dalam waktu satu tahun. Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya yang akan langsung melakukan gorundbreaking (peletakkan batu pertama).

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama