» » 4 TIPS AGAR WAJAN PENGGORENGAN TIDAK MUDAH LENGKET

Tips GSP - Pernah mendapati moment saat menggoreng ikan atau tahu kemudian wajan jadi lengket dan masakan hancur? Moment seperti ini tentu bukan moment asing bagi kita yang gemar masak di dapur atau berkreasi dengan setiap bahan masakan yang ada. Namun, ini akan membuat kita merasa jengkel dan tidak puas dengan masakan yang dihasilkan. 

Mengenai wajan yang mudah lengket? Kira-kira kenapa hal ini bisa terjadi? Apa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya dan memastikan setiap masakan yang kita goreng bentuknya tetap sempurna dengan rasa yang menggugah selera? 


Dari beberapa pengalaman pribadi serta sharing dengan beberapa sahabat, kali ini saya ada tips agar wajan penggorengan tidak mudah lengket. Seperti apa tipsnya? Simak yang berikut ini. 

Pastikan Wajan Bersih :  Hal pertama yang harus dipastikan sebelum menggunakan wajan untuk memasak atau menggoreng adalah pastikan wajan dalam kondisi bersih. Jangan biarkan ada sedikit pun noda yang menempel di wajan. Wajan yang masih terdapat sisa makanan atau noda lainnya, ini bisa membuat masakan yang kamu goreng mudah lengket. 

Gunakan Satu Wajan Khusus Untuk Menggoreng :  Beberapa orang menggunakan wajan untuk memasak sayur, menumis sekaligus menggoreng. Inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa wajan mudah lengket. Agar wajan tak mudah lengket, pastikan menggunakan satu wajan khusus untuk menggoreng. Wajan yang digunakan khusus untuk menggoreng akan membuatnya tidak mudah lengket. 

Pastikan Bumbu Meresap ke Masakan Sebelum Menggoreng :  Beberapa masakan yang mengandung bumbu berupa gula, kecap dan rempah yang cukup pekat bisa meningkatkan risiko wajan lengket. Untuk itu, pastikan agar bumbu ini telah meresap dengan baik ke masakan sebelum kamu menggorengnya. Sebelum menggoreng masakan, diamkan masakan bersama bumbu kurang lebih selama 15 - 20 menit. 

Hindari Membolak-balik Gorengan Terlalu Sering :  Usahakan agar membalik gorengan saat bagian bawah gorengan telah kering. Membalik gorengan yang bawahnya sudah kering akan membuat wajan tidak mudah lengket. Berbeda jika kamu membalik gorengan saat masih basah, ini sangat rawan menyebabkan wajan lengket. 

Ladies, itulah beberapa tips agar wajan tidak mudah lengket untuk menggoreng. Selain tips di atas, tips lain yang perlu diperhatikan adalah gunakan suhu api kompor sedang saat memasak dan hindari menggoreng masakan terlalu banyak pada minyak yang sedikit (intinya sesuaikan jumlah masakan dan jumlah minyak). Semoga tips ini bermanfaat. 

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama