» » TIAP TAHUN 8 RIBU WARGA SUBANG MEMILIH KERJA JADI TKI

Bewara GSP - Dalam setahun, tidak kurang dari 7.000 - 8.000 ribu warga Subang Jawa Barat pergi keluar negeri untuk mengadu nasib dan mengais rezeki dengan cara menjadi TKI. Demikian dikatakan oleh Kasi Pembinaan dan penempatan tenaga kerja Indonesia Disnakertrans Kabupaten Subang, H.Indra Suparman SH.Jumat siang(23/8/2018).

Menurut Indra, jumlah tersebut adalah TKI yang berangkat melalui jalur legal sementara yang ilegal kita tak mempunyai datanya mungkin bisa lebih sedikit atau lebih banyak jumlahnya dari yang legal. Mereka TKI asal Subang ini umumnya bekerja di sektor Informal,namun ada juga yang bekerja di sektor formal. Jumlah pekerja informal lebih banyak ini juga menunjukkan, jika peluang kerja memang jauh lebih banyak. 
Disamping itu, proses keberangkatan TKI khusus di bidang ini memang relatif lebih mudah dibandingkan dengan sektor formal. Banyak faktor yang menyebabkan ribuan warga Subang memilih bekerja jadi TKI diantaranya faktor ekonomi merupakan salah satu alasan bagi sebagian besar buruh migran untuk bekerja ke luar negeri. Namun tak hanya satu alasan itu saja, ada banyak alasan lain yang pada akhirnya mendorong mereka menjadi pekerja migran. Salah satunya adalah dorongan dari orangtua atau orang-orang terdekat. Serta tergiur gaji besar
Di sisi lian, untuk meminimalisir TKI berangkat melalui jalur ilegal, pihaknya bekerjasama dengan Pemkab Subang, Polres Subang rutin menggelar sosialisasi hingga ke tingkat desa. Dalam sosialisasi tersebut disampaikan, TKI yang berangkat secara ilegal, rawan tersandung masalah. Selain Itu Pihaknya juga sudah membuka akses informasi secara luas mengenai ketentuan bagi para warga yang ingin menjadi TKI. Ia mengimbau masyarakat agar terlebih dahulu memperdalam informasi sebelum berangkat menjadi TKI"pungkas Indra Suparman. (anrj)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama