» » DKP SUBANG SEBAR 2.500 EKOR BENIH IKAN BANDENG DI SITU CITAPEN DAN SITU SARADAN

Bewara GSP -  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Subang, mendapatkan bantuan benih ikan tongkol air tawar, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) beberapa waktu lalu, melalui Balai Benih Induk (BBI) Ikan Karawang, sebanyak 2.500 ekor, yang disebar di dua lokasi situ yang berbeda, yaitu di Situ Citapen Desa Prapat Kecamatan Purwadadi, dan di Situ Saradan Desa Sukamulya Kecamatan Pagaden, yang masing-masing ditanami benih ikan sebanyak 1.250 ekor, sebagai percontohan.   

Terkait hal itu Kepala DKP Kabupaten Subang, H E Kusdinar mengatakan, ikan bandeng air tawar ini merupakan hasil tekhnologi inseminasi benih ikan bandeng air payaw, yang dilakukan oleh KKP di BBI Karawang.  Ikan bandeng air tawar ini kata Kusdinar, bentuk, warna, dan proses pembesarannya hampir sama dengan ikan bandeng air payaw pada umumnya, kecuali rasa belum bisa dirasakan bagaimana rasanya, karena baru dikembangkan pada akhir tahun 2017 lalu, kemudian di sebar di beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Barat, termasuk di situ Patenggang Bandung. 

Ke 2.500 benih ikan bandeng air tawar ini, sengaja disebar oleh KKP, sebagai upaya pemenuhan gizi masyarakat, dalam program gemar makan ikan. Sedangkan untuk wilayah Selatan menurut Kusdinar, dalam waktu dekat ini segera di sebar 1.250 ekor benih ikan bandeng air tawar itu di Situ Cigayonggong Kasomalang, sebagai perbandingan pertumbuhan ikan bandeng air tawar di wilayah Pantura, Tengah, dan Selatan. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama