» » BURUH FSPMI SAMBANGI GEDUNG DPRD SUBANG

Bewara GSP - Ratusan masa buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) sambangi Gedung DPRD Subang, Kamis (1/11/2018).  Mereka menyampaikan tiga tuntutan ke DPRD, terkait penolakan penetapan UMK Kabupaten Subang Tahun 2019 sebesar 8,0 persen, dan menuntut kenaikan UMK tahun 2019 sebesar Rp3,5 juta perbulan, atau naik 12 persen dari UMK tahun 2018, serta mendesak Pemerintah mencabut PP Nomor 78 tahun 2016 tentang sistem pengupahan.  

Dengan kenaikan UMK sebesar 8,0 persen itu, menurut Koordinator FSPMI Suwarso, buruh Subang di tahun 2019 nanti jauh dari kata sejahtera, karena dengan kenaikan sebesar itu, buruh Subang tidak bisa memenuhi Kebutuhan Hidup Layak (KHL).  Untuk mendapatkan hidup layak itu lanjut Suwarso, buruh Subang menurut kenaikan UMK tahun 2019 sebesar 12 persen, atau naik menjadi Rp3,5 juta perbulan.  Masa pendemo juga mensak Pemerintah segeraencabut PP 78, karena tidak memiliki keberpihakan kepada buruh, justru berbalik Pemerintah cenderung melindungi para Pengusaha dengan PP itu. 

Sementara itu bersamaan dengan aksi demo FSPMI di Gedung DPRD Subang, DPRD Subang sedang menggelar Rapat Paripurna DPRD, terkait Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Subang, Rancangan APBD Kabupaten Subang Tahun 2019, yang disampaikan Plt Bupati Subang, H. Ating Rusnatim SE, sehari sebelumnya.   Maka dari itu Ketua DPRD Subang Ir. Beni Rudiono, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang, H. Kusman Kusmana menyempatkan diri di sela-sela Rapat Paripurna DPRD itu, untuk menerima para pendemo. 

Sejumlah perwakilan dari para pendemo dipersilahkan masuk ke ruang Komisi II DPRD Subang, untuk mencari solusi tentang tuntutan dari para pendemo tersebut.  Namun dari hasil audensi antara perwakilan pendemo dari FSPMI dengan Ketua DPRD dan Kelapad 
Disnakertrans Kabupaten Subang itu, belum menemukan titik terang, terkait solusi yang Mereka inginkan.  

Akhirnya masa pendemo itu, meski pulang dengan tanpa kesepakatan apapun, terpaksa membubarkan diri secara tertib, yang mendapat pengawalan pengamanan dari ratusan Anggota Satpol PP, dan Anggota Dalmas Polres Subang. (r2i)

About RadioGsp Pamanukan

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama