» » MUSRENBANG RKPD 2019 RUMUSKAN INFRASTRUKTUR 70 PERSEN DARI APBD

Bewara GSP - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Subang Tahun 2019, resmi dibuka Bupati Subang, H.Ruhimat S.Pd., M.Si. Kamis, (14/3) di Aula Pemda Kabupaten Subang. Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas Pemda Kabupaten Subang di tahun 2020.

Kepala BP4D Subang H. Sumasna, ST M.Mum mengatakan, acara tersebut sebagai forum perumusan atau pembahasan antar pelaku pembangunan, dalam rangka menyusun RKPD tahun 2020. Tujuan penyelenggaraan Musrenbang, mendapat masukan dalam membuat prioritas pembangunan daerah dari berbagai sumber pendanaan, serta mendapatkan masukan dalam menyusun rancangan RKPD Tahun 2020. Pada kegiatan tersebut, pembangunan infrastruktur masih menjadi PR besar.
Bupati Subang H. Ruhimat S.Pd., M.Si mengatakan, penyusunan dokumen RKPD merupakan amanat dari Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, yang diamanatkan juga di Pasal 260 ayat 1 Undang-undang Nomor 23 tahun 2014. Daerah menyusun perencaanan, sebagai suatu kesatuan dalam sistem pembangunan nasional. 
Disusun dalam dokumen RKPD yang berlaku dalam 1 tahun, sebagai acuan untuk melaksanaakan secara konsisten yang selaras dan sesuai target yang telah ditetapkan 5 tahun ke depan. Menurut Bupati, kegiatan Musrenbang merupakan wujud proses perencanaan partisipatif dan bersifat bottom-up dengan output yang terukur serta mempertimbangkan berbagai aspek. 
Terutama dalam sisi pembiayaan sehingga nantinya didapatkan pagu pembiayaan terhadap program prioritas yang realistis. Wakil Ketua DPRD Subang Bambang Irmayana mengatakan, masih ada sektor pembangunan yang masih menjadi perhatian publik, mulai dari berbagai elemen organisai kemasyarakatan. 
Seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang mana untuk panjang jalan di Kabupaten Subang berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 6/249/DPUPR/2017 sepanjang 1.032,63 kilometer. Hal tersebut perlu menjadi perhatian dari Pemerintah Subang dan Provinsi Jawa Barat. 
Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pembangunan Provinsi Jawa Barat yang juga mantan Plt Bupati Subang, Dady Iskandar mengatakan, Provinsi Jawa Barat saat ini juga sedang konsentrasi terhadap perbaikan infratruktur, yang ada termasuk untuk Kabupaten Subang.  (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama