» » KEMENDAG SEGEL SEMBILAN NOOZLE, WASPADA SPBU CURANG

Bewara GSP - Sebanyak sembilan noozle di SPBU Subang disegel Kementerian Perdagangan RI (Kemendag), untuk mengantisipasi kecurangan petugas dan perlindungan konsumen. Kemendag RI melakukan penyegelan di SPBU rest area kilometer 102 dan SPBU Ranggawulung. 

Kemendag didampingi petugas kepolisian, DKUPP Subang dan juga kemetrologian. Kemendag juga berpesan agar SPBU di Kabupaten Subang jangan mencurangi takaran dalam pengisan bahan bakar. 

Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementrian Perdagangan, Veri Anggriono mengatakan, pihaknya sudah melakuan pengawasan terhadap SPBU secara berkala. Seperti dari Medan, Banten, Indramayu, Bandung dan Subang. Pengawasan yang dilakukan terjadinya kecurangan dalam pengisian bahan bakar tidak sesuai takaran, pastinya merugikan pengendara. 

Dijelaskan Anggrino, kecurangan yang ditemukan adalah menempelkan semacam alat yang dimodifikasi. Angka-angka yang muncul terlihat sama dengan yang dikeluarkan, namun bahan bakarnya berkurang. Anggriono menambahkan, di rest area Tol Cipali 102 wilayah Subang yang lebih mengejutkan. Kecurangan dilakukan dengan cara memodifikasi alat di selang noozle nya. Sanksi yang dikenakan adalah undang undang kemetrologian. 

Pihaknya sudah melakukan pengajuan ke pengadilan, sehingga memberikan efek jera bagi SPBU tersebut. Selain itu, Anggriono merekomndasikan kepada Pertamina agar ditutup saja SPBU yang bermasalah. Kecurangan yang dilakukan, tiap noozle bisa mencapai Rp450 ribu per hari. Bisa dibayangkan keuntungan tersebut.  “Kepala DKUPP Subang Rahmat Faturahman mengatakan, pihaknya mengapresiasi sidak yang digelar sekaligus penyegelan tersebut. SPBU yang masih curang sangat merugikan masyarakat khususnya para pengendara. 

Sementara itu, saat diminta konfirmasi ke Pertamina MOR 3 Manager Comunnication & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami mengatakan, SPBU yang berada di Ranggawulung tersebut sudah disegel sejak bulan Ramadhan 2019. Penyegelan dilakukan karena hasil terra yang tidak sesuai dengan standar dinas metrologi. “SPBU Ranggawulung tersebut sedang mengajukan permohonan pelepasan segel dan uji terra ulang kepada dinas meterologi,” terangnya.( PE /ygo/vry)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama