» » INI TIPS MENGOLAH IKAN ASIN!

Tips Dapur GSP - Ikan asin yang kerap dikatakan sebagai hidangan sederhana ternyata bisa diolah dengan rasa juara. Biar aroma lebih nendang dan menggugah selera, apa saja ya langkah-langkah yang patut diperhatikan?

1. Jenis Ikan Asin : Ikan asin ada yang segar, namun ada juga yang basah. Contoh ikan asin kering di antaranya adalah ikan asin pari, ikan asin bulu, dan ikan asin kapas. Sementara itu, ikan asin basah di antaranya adalah ikan asin jambal dan peda. Apapun pilihan ikan asinnya, pastikan ikan yang kita pilih bersih dan segar. Jika ikan yang kita pilih sudah berubah warna, ia patut dicurigai. Apalagi jika warnanya semburat oranye seperti oncom. Pasalnya, jamur ikan asin warnanya oranye cerah.

2. Mencuci Ikan Asin : Sebelum dimasak, cucilah ikan asin dan/atau seduh dengan air panas. Tujuannya adalah melarutkan sebagian besar garamnya. Pasalnya, garam yang dipakai dalam proses pengasinan memang berjumlah banyak  arena fungsinya sebagai pengawet. Jika tidak dibilas, rasanya akan terlalu asin. Selepas diseduh, ikan asin pun harus digoreng terlebih dahulu untuk menghilangkan amisnya.

3. Menggoreng Ikan Asin : Untuk menggoreng ikan asin, kita harus hati-hati.  Terutama menggoreng ikan asin yang tipis, karena mudah sekali matang.  Semakin lama digoreng, ikan asin akan semakin renyah.  Namun, rasanya semakin pahit. Yang paling cocok adalah cita rasa yang asam dan pedas. 

Tambahkan pula bumbu aromatik seperti lengkuas, jahe, kemangi, serai, cabai, dan tomat. Akan sangat tepat apabila ikan asin diolah dengan cara membuat rica-rica, balado, tumisan dengan banyak rempah. Jika ingin kreatif, buatlah pepes terutama dari ikan asin basah seperti ikan peda. Bumbu kuning yang jadi dasar bumbu pepes cocok sekali dipadukan dengan ikan ini.(*Sedap)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama