» » TRADISI “NGOPAK” KAMPUNG SIMPANG DESA TAMBAKMEKAR

Hidup bersama dan gotong royong memang sudah menjadi ciri dari masyarakat desa, dalam keadaan dan menghadapi kegiatan apapun. Kebersamaan menjadi identitas masyarakat desa, terlebih jika akan ada kegiatan kemasyarakatan seperti misalnya agustusan, kerja bakti, bahkan hajatan (pesta pernikahan/khitanan), atau panen, kebersamaan masyarakat desa akan lebih terasa.

Ngopak adalah istilah untuk kegiatan membuat opak ketan, makanan khas Sunda yang terbuat dari beras ketan. “Emak-emak di Kampung Simpang biasanya bersama-sama membuat opak ketan, jika beberapa hari kemudian akan ada salah satu warga yang menyelenggaralan hajatan,” jelas Ibu Epon sambil sibuk membolak balik opak ketan mentah di atas bara api, dengan penyangga ram kawat.

Ibu Epon mengatakan, ngopak harus sudah dilaksanakan sejak satu minggu sebelum hari perhajatan diselenggarakan. Fungsi adanya opak dalam perhajatan masyarakat Tambakmekar menurut Ibu Epon, untuk cemilan para tamu undangan. Selain itu, opak juga berfungsi sebagai alat tukar atau buah tangan khusus bagi para tamu undangan yang memberikan gantangan, yaitu tamu undangan yang menyumbang sejumlah uang atau beras dalam jumlah tertentu. Biasanya di daerah-daerah tertentu di Subang, sumbangan beras atau uang tersebut bersifat pinjaman dan menjadi hutang bagi penyelenggara hajat.


“Opak ini nantinya untuk buah tangan gantangan, jadi bikinnya harus banyak. Ibu-ibu yang rumahnya berdekatan dengan penyelenggara hajat, seperti otomatis sudah menjadi kewajiban di sini membantu membuatkan opak. Karena jumlahnya banyak dan prosesnya panjang, waktu untuk pembuatan opaknya juga lumayan. Bisa dimulai sejak seminggu sebelum hari perhajatan bahkan ada juga yang lebih lama,” 

Jika direnungkan, Ibu Epon menuturkan, ngopak menjadi tradisi hajat yang erat kaitannya dengan hidup bersama khas masyarakat desa. Dia merasakan betul saling pedulinya para tetengga, ketika saling membantu membuat opak, tanpa pamrih dalam bentuk apapun. Bahkan dia mengklaim bahwa kegiatan ngopak bisa dijadikan tolak ukur menilai seseorang. Apakah dia baik atau tidak dalam menjalani kehidupan sehari-hari di lingkungannya? (*/vry)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama