» » PEMBERANGKATAN TKI ILEGAL DIGAGALKAN, DISNAKERTRANS ANTISIPASI PENYELUNDUPAN MANUSIA

Bewara GSP - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Subang, berhasil menggagalkan pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Arab Saudi. Pasalnya, saat ini pemberangkatan TKI ke Negara Arab Saudi tidak diperbolehkan, dikarenakan moratorium, sehingga TKI yang berangkat ke Arab Saudi akan menjadi ilegal.  

Sebagai tindakan, Indra menuturkan, tim Disnakertran Kabupaten Subang langsung menjemput calon TKI tersebut, ketika berada di salah satu penampungan TKI selama 2 minggu. Pihaknya berhasil membatalkan pemberangkatan TKI tersebut. Indra menambahkan, sponsor yang memberangkatkan warga Subang yang menjadi TKI ke Arab Saudi, sangat membahayakan, dikarenakan pemberangkatannya ilegal. 

Pekerjaan menjadi sponsor untuk memberangkatkan TKI ke Arab Saudi sangat menggiurkan, karena perusahaan akan memberikan imbalan kepada sponsor yang berhasil membujuk warga Subang sebesar Rp 25 juta. Begitu tiba di Arab Saudi si TKI tersebut dihargai Rp 120 juta.  Indra menjelaskan, para sponsor tersebut modusnya ke desa-desa mencari warga Subang yang ekonomi lemah dan kesusahan, untuk dibujuk agar mau bekerja ke luar negri. 

Mereka mengiming-imingi uang agar warga tersebut akhirnya mau berangkat. Indra meminta kepada para kepala desa di Kabupaten Subang, agar mewaspadai tindak-tanduk orang yang tidak dikenal masuk ke desa. Terlebih mengiming-imingi warga desa agar mau berangkat menjadi TKI.

Kepala Seksi Binapenta TKI Disnakertrans Subang H. Indra Suparman SH mengatakan, pihaknya berhasil menggagalkan pemberangkatan warga Subang ke Arab Saudi. Temuan tersebut, Indra menjelaskan, ada warga Subang yang mau berangkat ke Arab Saudi atas nama Ratnasari (32) warga Desa Cimayasari Kecamatan Cipendeuy. 

Korban diduga dibujuk rayu sponsor di Cipendeuy untuk berangkat ke luar negeri menjadi TKI. Namun karena tidak tahunya Ratnasari, jika Arab Saudi masih moratrium sehingga mau saja. Pihak Desa Cimayasari meminta untuk memulangkan calon TKI, sehingga pihaknya menggagalkan calon TKI tersebut berangkat ke Arab Saudi.   (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama