» » RUWATAN BUMI SAMBUT TANAM PADI

Wisata Budaya GSP - Ruwatan Bumi tradisi petani di Desa Bendungan begitu semarak. Masyarakat tumpah ruah dari lima RW di dua kadusunan memadati lapangan bola Desa Bendungan. Berbagai dongdang dan aneka kerbau buatan dan traktor menghiasi kontingen masing-masing RW. 

Kepala Desa Bendungan Asep Achnar (Niknik) mengatakan, dirinya merasa bangga antusias petani dan masyarakat desa cukup tinggi, menandakan kekompakan dan soliditas perangkat desa, kadus dan para Ketua RW dan RT.  

Ruwatan Bumi, kata Asep dalam rangka menyambut musim tanam dan memohon hujan. Masyarakat desa yang umumnya petani berharap pengairan lancar dan hasil panen melimpah.
Dari pantauan kontingen masing RW berkeliling ketiap kampung, sementara anak-anak dan masyarakat berebut aneka hasil bumi, makanan, minuman dan uang yang disediakan oleh warga di setiap gang dan rumah. 
Ketua RW 01 Sopyanudin menyampaikan, pihaknya menyiapkan segala sesuatu keperluan Ruwatan Bumi bersama warganya jauh-jauh hari. “Alhamdulillah warga yang ikut banyak dan meriah. Mudah-mudahan Ruwatan Bumi ini membawa berkah,” tuturnya.
Selain arak-arakan keliling kampung, Pemdes Bendungan juga menggelar istighosah dan tabligh akbar dengan penceraham Uts. Riayana Soleh Taufik dari Majlis Dzkir Pancasona Tambakan.  (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama