» » SISKEUDES MULAI BERLAKU TAHUN 2020

Bewara GSP - Monitoring dan evaluasi (Monev) Bantuan Keuangan Desa (Bankeudes) Tahap 1 dan 2 tahun 2019 oleh Tim TP4D Kabupaten Subang untuk Kecamatan Legonkulon, Pamanukan dan Pusakanegara diselenggarakan di Kecamatan Legonkulon, Rabu (30/10).  

Monev tersebut dihadiri 23 Kades, Sekdes dan Bendahara Desa di tiga kecamatan. Sebagai tuan rumah Camat Legonkulon Aet Rudiatna menyampaikan monev ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses penggunaan dana desa serta spjnya.  Monev ini bertujuan mencegah dan meminimalisir tindak pidana korupsi. Sehingga semua anggaran digunakan sesuai posnya dan tepat sasaran. 

Sekretaris Dispemdes Kabupaten Subang H. Enjat mengatakan, Monev ini adalah bersifat pembinaan dalam pengelolaan keuangan dana desa, sebagai upaya preventif penyimpangan penggunaan dana desa.  Selain Siskeudes nantinya akan ada aplikasi sistem pengawasan keuangan desa (Siwaskeudes). 

Oleh karena Siskeudes harus benar-benar dipahami, karena nantinya Siskeudes akan dilaksanakan tahun 2020. Sementara itu  Kasie Intel Kejari Subang Iyus Jatnika, mengapresiasi para kepala desa di tiga kecamatan masih siap dan menunggu kedatangan TP4D hingga sore hari. Yang sedianya dilaksanakan pagi hari. Namun karena tim lain berhalangan hadir.  

Menurut Iyus, monev ini bukan sebuah penindakan tetapi lebih kepada pencegahan. Upaya ini, pihaknya bekerjasama bersama Irda mengawal proses pelaksanaan penggunaan dana desa.   Oleh karenanya dokumen berkas laporan penggunaan dana desa harus disiapkan.  (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama