PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » PERISTIWA 13 DESEMBER

Prangko peringatan 50 tahun Deklarasi Djuanda. (Foto: Wikipedia)
Serba Serbi GSP - SEJUMLAH peristiwa yang terjadi pada 13 Desember dicatat dalam sejarah. Tanggal ini menandai berdirinya Kantor Berita ANTARA yang saat ini sudah menjadi Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional. Selain itu ada juga penandatanganan Deklarasi Djuanda, hingga lahirnya Taylor Swift. Berikut beberapa peristiwa penting dan bersejarah pada 13 Desember yang dihimpun Okezone dari Wikipedia.org.

1. Berdirinya Kantor Berita ANTARA - 1937
Saat semangat kemerdekaan nasional digerakkan oleh para pemuda pejuang, kantor berita ANTARA didirikan di Buiten Tigerstraat 30 (sekarang J. Pinangsia 70 Jakarta Kota). Kantor berita ANTARA berdiri pada 13 Desember 1937 oleh para wartawan nasionalis, yaitu A. M. Sipahoetar, Mr. Soemanang, Adam Malik dan Pandoe Kartawigoena.
Pada 1962, ANTARA resmi menjadi Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) yang berada langsung di bawah Presiden Republik Indonesia. Perum LKBN ANTARA merupakan BUMN yang diberikan tugas oleh Pemerintah untuk melakukan peliputan dan penyebarluasan informasi yang cepat, akurat, dan penting ke seluruh wilayah Indonesia dan dunia internasional.
2. Penandatanganan Deklarasi Djuanda - 1957
Deklarasi Djuanda dicetuskan oleh Perdana Menteri saat itu, Djuanda Kartawidjaja. Sebelumnya, wilayah negara Republik Indonesia mengacu pada Ordonansi Hindia Belanda 1939, yaitu Teritoriale Zeeën en Maritieme Kringen Ordonantie 1939 (TZMKO 1939). Agar Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara. Diresmikanlah Deklarasi Djuanda pada 13 Desember 1957 yang berisi:
1) Bahwa Indonesia menyatakan sebagai negara kepulauan yang mempunyai corak tersendiri.
2) Bahwa sejak dahulu kala kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan.
3) Ketentuan ordonansi 1939 tentang Ordonansi, dapat memecah belah keutuhan wilayah Indonesia dari deklarasi tersebut mengandung suatu tujuan :
- Untuk mewujudkan bentuk wilayah Kesatuan Republik Indonesia yang utuh dan bulat.
- Untuk menentukan batas-batas wilayah NKRI, sesuai dengan asas negara Kepulauan.
- Untuk mengatur lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan NKRI
3. Malta Menjadi Negara Republik -1974
Republik Malta biasa dikenal dengan Malta juga sebuah negara kepulauan di Eropa Selatan. Malta yang hanya mempunyai luas daerah 316 km2 (122 sq mi) dengan jumlah penduduk sekitar 450.000 membuatnya menjadi salah satu negara terkecil di dunia dengan penduduk yang paling padat.
Malta merupakan negara bekas jajahan Inggris pada 1814, Malta tetap menjadi negara anggota Commonwealth (persemakmuran) hingga memperoleh kemerdekaan pada 1964. Setelah satu dekade, pada 13 Desember 1974 Malta menjadi republik. Lalu Republik Malta pun menjadi anggota Uni Eropa pada Mei 2004 dan mulai menggunakan Euro sebagai mata uang pada 2008. 

4. Lahirnya Taylor Swift - 1989
Taylor Alison Swift lahir di Reading, Pennyslvania, 13 Desember 1989. Putri dari pasangan Scott Kingsley Swift dan Andrea Gardner Swift ini mengawali karirnya pada 2004.  Saat usianya 12 tahun, tukang reparasi komputer dan musisi lokal bernama Ronnie Cremer mengajarinya bagaimana cara memainkan gitar dan membantu Swift atas karya pertamanya sebagai seorang penulis lagu, yaitu “Lucky You”. Untuk membantunya masuk di musik country, ayahnya pindah ke kantor Merrill Lynch di Nashville ketika Swift berusia 14 tahun.  Hingga saat ini, Swift telah dibanjiri banyak penghargaan dari berbagai kategori. Swift juga merupakan salah satu dari artis musik terlaris sepanjang sejarah karena telah menjual lebih dari 40 juta album. Kemunculannya untuk ketiga kalinya di daftar Celebrity 100, menjadikan Swift wanita termuda dalam daftar. Ia juga berada di posisi pertama di Celebrity 100.
5. Hari Nusantara - 2001
Pada tahun 1999, Presiden Abdurrahman Wahid mencanangkan 13 Desember sebagai Hari Nusantara. Penetapan hari ini dipertegas oleh Presiden Megawati dengan menerbitkan keputusan RI Nomor 126 Tahun 2001 tentang Hari Nusantara sehingga tanggal 13 Desember resmi menjadi hari perayaan nasional tidak libur.
Hari Nusantara yang sekaligus dapat mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia yang mampu mensejahterakan rakyatnya ini merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi ini, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautnya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat.

Hari Nusantara juga penegasan dan pengingatan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia. Namun, potensi sumber daya kelautan Indonesia sebesar kurang lebih 3.000 triliun rupiah/tahun belum tergarap secara maksimal.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama