PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » WARGA SUBANG SIAP-SIAP ADU SKILL

Bewara GSP - Menyikapi ekspansi tenaga kerja asing, warga Subang harus bersiap-siap adu skill. Keberadaan Pelabuhan Patimban digadang-gadang akan makin mendatangkan investor untuk berinvestasi ke Subang. Diskertrans Subang mengimbau agar warga Subang bersiap-siap dan terus meningkatkan kompetensi, dikarenakan bisa menjadi pertaruhan skill di dalam dunia pekerjaan. 

Kepala Bidang Pendataan dan Kependudukan Disdukcapil Kabupaten Subang, Ahmad Fauzi mengatakan, pertumbuhan Warga Negara Asing (WNA) terlihat dari Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas), yang didata mencapai ratusan. WNA di Subang lebih didominasi warga Negara Korea, Jepang dan Arab Saudi.  Dijelaskan Fauzi, WNA di Kabupaten Subang tersebar di berbagai daerah. Untuk memperpanjang Kitas harus langsung ke pihak imigrasi. 

Pihakya hanya meminta kepada para WNA agar melaporkan diri ke Disdukcapil, dengan membawa Kitas untuk dilakukan pencatatan. Kepala Seksi Bina Penta TKI Disnakertrans Subang Ivan Rahmat Maulana mengatakan, sebenarnya warga Kabupaten Subang harus bersiap diri dan mengasah terus kompetensi dan juga keahliannya. Menurutnya, ekspansi WNA yang akan menjadi tenaga kerja di Kabupaetn Subang diprediksi akan membludak, seiring dengan adanya Pelabuhan Patimban. 

Dijelaskan Ivan, data dari Disnakertrans untuk tenaga kerja asing yang ada di Kabupaten Subang, saat ini ada berjumlah 337 orang dari berbagai negara, dan didominasi kaum laki-laki. Tenaga kerja asing, 38 diantarnya sudah bekerja di Pelabuhan Patimban. Sisanya berkerja di perusahaan di Kabupaten Subang.

Mengenai Izin Memperkerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Ivan menjelaskan, dari 337 tenaga kerja asing, yang membayar secara rutin IMTA hanya 81 orang saja, dengan pertahunnya Rp 1.362.172.000. Sementara tenaga kerja asing lainnya membayar IMTA nya ke Provinsi Jawa Barat atau ke pemerintah pusat.

Disnakertrans Subang berharap, perusahaan merubah lokasi kerja di Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), sehingga nantinya Kabupaten Subang bisa melayani perpanjangan IMTA tersebut. Pembayaran IMTA bisa masuk seluruhnya ke PAD Kabupaten Subang, dikarenakan banyak tenaga kerja asing yang berkerja bukan hanya di Satu daerah saja, namun berbagai daerah di luar daerah Kabupaten Subang atau lintas kabupaten atau lintas provinsi.
TKA di Kabupaten Subang :  337 Orang
China 40 orang
Korea Selatan 188 orang
India 17 orang
Filipina 17 orang
Jepang 46 orang
Vietnam4 orang
Brazil 1 orang
Fiji 2 orang
Italia 6 orang
Malaysia 4 orang
Taiwan 10 orang
Amerika serikat 1 orang
Thailand 1 orang

Dari 337, yang membayar IMTA hanya 81 orangm  – Disnakertrans Mendorong Perusahan Memberlakukan TKA hanya Bekerja di 1 Perusahaan Saja di Kabupaten Subang – TKA Bekerja di Satu Daerah Saja Bayar IMTA di Kabupaten – TKA Bekerja di Lebih Dari 1 Daerah Lintas Kabupaten Bayar IMTA di Provinsi – TKA Bekerja di Lebih Dari Satu Daerah Lintas Provinsi Bayar IMTA ke Pemerintah Pusat – Prediksi 2020 akan banyak ekspansi TKA ke Kabupaten Subang. (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama