PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » TEKA-TEKI RSUD PANTURA

Bewara GSP Rencana pembangunan RSUD di Pusakajaya ternyata belum final. Bupati Subang H. Ruhimat bahkan menyebut, Kecamatan Sukasari menjadi wilayah paling ideal untuk pembangunan RSUD di Pantura Subang. Hal ini ia lontarkan usai melakukan peresmian Puskesmas Batangsari di Jalur Pantura Komplek Perkantoran Kecamatan Sukasari Rabu (22/1). 

Namun, H. Ruhimat menyebut, hingga saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan pihak swasta mengenai rencana pembangunan RSUD di Pantura. Meski begitu, ia juga tak menampik soal pembangunan RSUD di Pusakajaya dan telah dilakukan peninjauan serta pengukuran oleh dinas terkait seperti Dinas PUPR, Kabid Bidang Aset BKAD Kabupaten Subang serta Muspika Kecamatan Pusakajaya.  Jika merunut ke belakang, ada 3 opsi rencana pembangunan RSUD di Pantura yakni di wilayah Kecamatan Pusakajaya, Pamanukan dan Sukasari. 

Belakangan tersiar kabar, akan adanya pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Masjid Raya, Water reservoir PDAM Subang di area tanah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Bahkan, Kabag SDA Pemkab Subang, Wawan Saefulloh awal tahun ini (7/1) menuturkan, dilokasi tersebut Pemkab Subang memiliki lahan yang bersertifikat dengan luas 9,6250 hektare. Dengan saat ini seluas 4 hektare telah digunakan oleh SMKN 1 Pusakanagara. 

Sisanya 5 hektare akan di bangun PDAM untuk mensupply kebutuhan air ke Patimban, Masjid Raya termasuk Rumah Sakit. Rencana H. Ruhimat membangun RSUD di Kecamatan Sukasari juga bukan merupakan isu baru. Dalam kunjunganya pada 18 Juni 2019, H. Ruhimat menyampaikan bahwa lokasi ini sangat potensial untuk jadi lokasi RSUD di Pantura.  

Kala itu, H. Ruhimat bermaksud meninjau lokasi Kantor Kecamatan Sukasari yang belum rampung serta pembangunan Puskemas Batangsari yang berada tak jauh dari Kantor Kecamatan tersebut dan Puskesmas sendiri yang saat itu, lahannya ditinjau Bupati, bangunannya baru saja diresmikan kemarin (22/1) setelah pembangunan itu rampung.  

Jika RSUD di bangun di Pusakajaya, wilayah tersebut bisa menjadi cerminan baru wajah Pantura Pusakajaya dengan keberadan Pasar Pusakajaya yang direncanakan direvitalisasi tahun ini, Masjid Raya dan belum lagi adanya Pelabuhan Patimban.

Namun jika dibangun RSUD di Kecamatan Sukasari yang di dalamnya terdapat Komplek Kantor Kecamatan Sukasari, BPP Sukasari, Korwil UPTD Pendidikan Sukasari dan Puskesmas Batangsari. Lokasi yang berada di Pantura Subang serta adanya ide peningkatan Puskesmas Batagsari menjadi RSUD juga merupakan hal yang sangat mungkin dan bahkan merupakan ide dari Bupati Subang H. Ruhimat sendiri.Patut dinanti, dimanakah Pemkab Subang akan membangun RSUD Pantura, Pusakajaya atau Sukasari? Yang jelas, RSUD Pantura ini salah satu hal yang sangat diharapkan keberadanya oleh warga di Pantura dalam hal solusi kesehatan dana mendukung Jawara Raga. (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama